FUNCTIONAL TESTING PADA WEBSITE JOB FAIR UAJY MENGGUNAKAN BLACK BOX TESTING DENGAN TEKNIK PARTITIONING EQUIVALENCE (PE)

Harefa, Norma Nobuala (2022) FUNCTIONAL TESTING PADA WEBSITE JOB FAIR UAJY MENGGUNAKAN BLACK BOX TESTING DENGAN TEKNIK PARTITIONING EQUIVALENCE (PE). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Norma Nobuala Harefa)
181709895_Bab 0.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181709895_Bab 1.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181709895_Bab 2.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text
181709895_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
181709895_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img]
Preview
Text
181709895_Bab 5.pdf

Download (229kB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan penduduk pada saat ini menjadi sangat pesat, sehingga jumlah pertumbuhan masyarakat yang mencari pekerjaan dengan lapangan pekerjaan yang ada menjadi tidak seimbang, yang mengakibatkan adanya kesenjangan. Dengan timbulnya permasalahan dikarenakan jumlah pencari kerja yang tidak seimbang dengan kesempatan kerja yang ada, maka mengakibatkan tingkat pengangguran yang harus ditangani oleh serius oleh semua pihak, dari upaya yang telah dilakukan, salah satunya adalah dalam penyaluran tenaga kerja. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Universitas Atma Jaya Yogyakarta dalam membantu menjembatani antara penyedia kerja dan pencari kerja dalam mendapatkan informasi lapangan pekerjaan dengan mengadakan Job Fair. Job Fair sangat membantu para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan, terutama bagi para mahasiswa yang baru menyelesaikan perkuliahan atau Fresh Graduate. Tetapi, Sejak pandemi COVID-19 berlangsung, kegiatan Job Fair menjadi tidak berjalan dengan baik, Kegiatan rekrutmen secara online merupakan sebuah solusi yang aman dan lebih efektif sehingga dapat mengurangi penyebaran COVID-19. Umumnya pengelolaan solusi ini akan dilakukan secara online dengan membangun aplikasi berbasis website. Sebuah sistem harus terlebih dahulu melalui proses pengujian. Salah satu pengujian yang dapat dilakukan adalah pengujian fungsionalitas dengan secara manual dan otomatis dengan tujuan mengetahui keberhasilan fungsionalitas, serta menemukan bug dari fungsifungsi utama pada website. Pada penelitian ini didapatkan bahwa pengujian yang dilakukan secara manual dan otomatis memiliki 101 passes dan 0 failures dengan Application Readiness 100% dari setiap fungsi yang diuji di mana perolehan rata-rata persentase selisih waktu hasil pengujian secara otomatis dapat mengurangi total waktu pengujian yang dibutuhkan sebanyak -23.7% dari total waktu pengujian secara manual. Fungsionalitas Sistem Job Fair UAJY telah memenuhi standar yang ada di Kantor Kemahasiswaan, Alumni, dan Campus Ministry yang dibuktikan dengan tidak adanya kegagalan atau Bug dari hasil pengujian yang ada.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengujian Perangkat Lunak, Pengujian Fungsional Black box Testing, Pengujian Manual, Pengujian Otomatis
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 13 Sep 2022 09:15
Last Modified: 13 Sep 2022 09:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27419

Actions (login required)

View Item View Item