ANALISIS KEBUTUHAN DAN PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN LAYANAN ACARA BERBASIS WEB PADA KANTOR DINAS KABUPATEN KLATEN

Santoso, Yoshua Wahyu (2022) ANALISIS KEBUTUHAN DAN PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN LAYANAN ACARA BERBASIS WEB PADA KANTOR DINAS KABUPATEN KLATEN. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Yoshua Wahyu Santoso)
181709919_Bab 0.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181709919_Bab 1.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181709919_Bab 2.pdf

Download (633kB) | Preview
[img] Text
181709919_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text
181709919_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
181709919_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB)
[img]
Preview
Text
181709919_Bab 6.pdf

Download (513kB) | Preview

Abstract

Kantor Dinas Kabupaten Klaten merupakan lembaga yang bertanggung jawab dalam pengelolaan informasi pada suatu daerah tergantung letak lembaga tersebut. Setiap Lembaga pada kantor dinas memiliki tugas dan tanggung jawab yang masing-masing yang tiap instansinya memiliki tugas yang berbeda-beda. Salah contohnya, Dinas Komunikasi dan Informatika memiliki tugas antara lain membantu tugas Bupati pada bidang Informatika, Komunikasi, Persandian dan Statistik yang diberikan kepada Kabupaten. Kantor Dinas Kabupaten Klaten memiliki acara yang dapat diikuti oleh karywan dari instansi lain. Namun, dalam pelaksanaannya pihak penyelenggara acara tersebut mengalami kendala dalam mengetahui jumlah peserta yang akan ikut serta dalam acara kegiatan yang akan dilaksana dikarenakan sistem yang dilakukan dalam mendaftar masih menggunakan sistem manual. Tidak hanya pada pihak penyelenggara saja yang mengalami kendala tetapi juga pihak yang akan ikut serta juga mengalaminya karena sistem yang manual sehingga informasi tentang acara kegiatan yang akan dilaksanakan tidak tersebar merata. Untuk mengatasi kesulitan tersebut, dikembangkan Sistem Informasi Manajemen Layanan Acara (SILAYAC). Pengembangan sistem menggunakan metode Waterfall guna mengurangi kesalahan yang terjadi karena metode tersebut memiliki rangkaian sistem yang jelas dan detail , sedangkan arsitektur model view controller (MVC) dan CodeIgniter sebagai back end code. Database Management System menggunakan MySQL. Dengan dikembangkannya SILAYAC diharapkan menjadi solusi atas permasalahan manajemen layanan acara. Selain itu, pembangunan sistem informasi ini dapat menjadi masukkan atau sebagai bahan pertimbangan serta bahan referensi untuk meningkatkan kemudahan dalam melakukan pengelolaan dan pendaftaran peserta acara guna menghasilkan perhitungan pengeluaran biaya acara yang akurat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Website, Manajemen Layanan Acara,Waterfall, Black Box Testing.
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 13 Sep 2022 09:39
Last Modified: 20 Jun 2023 04:01
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27421

Actions (login required)

View Item View Item