ANALISIS USER EXPERIENCE PADA GENSHIN IMPACT MENGGUNAKAN METODE GAME EXPERIENCE QUESTIONNAIRE

Wardani, Putri (2022) ANALISIS USER EXPERIENCE PADA GENSHIN IMPACT MENGGUNAKAN METODE GAME EXPERIENCE QUESTIONNAIRE. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Putri Wardani)
181709954_Bab 0.pdf

Download (800kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181709954_Bab 1.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181709954_Bab 2.pdf

Download (784kB) | Preview
[img] Text
181709954_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB)
[img] Text
181709954_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
181709954_Bab 5.pdf

Download (545kB) | Preview

Abstract

Genshin Impact merupakan game online action RPG gratis yang dirilis oleh pengembang game dari Cina pada bulan September 2020. Genshin Impact berhasil meraih banyak penghargaan dalam waktu satu bulan setelah perilisannya. Hal tersebut menunjukkan bahwa Genshin Impact mampu menarik ketertarikan para pemainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas game Genshin Impact dengan berfokus pada pengalaman bermain atau user experience pemain. Metode yang digunakan adalah metode Game Experience Questionnaire yang telah dirancang khusus untuk menilai pengalaman pemain dalam bermain game. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dengan menyebarkan kuesioner secara online, sehingga didapatkan responden sebanyak 100 responden dari seluruh Indonesia. Hasil penelitian ini dalam bentuk identifikasi pengalaman pemain selama bermain Genshin Impact berdasarkan 14 komponen yang ada di dalam Game Experience Quetionnaire. Berdasarkan hasil pengolahan data komponen yang mendapatkan nilai tertinggi adalah komponen immersion dan posititve affect. Selain itu, dari hasil pengolahan data penelitian ini mendapatkan nilai user experience Genshin Impact berdasarkan 14 komponen Game Experience Questionniare. Maka, faktor atau komponen yang paling mempengaruhi pengalaman pemain dalam bermain Genshin Impact adalah komponen immersion dan positive affect.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Game Experience Questionnaire, user experience, Genshin Impact.
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 13 Sep 2022 11:38
Last Modified: 13 Sep 2022 11:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27427

Actions (login required)

View Item View Item