PENGUJIAN FUNGSIONALITAS SEBAGAI UPAYA PENJAMINAN KUALITAS PADA SISTEM FORMULIR REQUEST PROJECT MONITORING

Tanoko, Kelvin Gilbert (2022) PENGUJIAN FUNGSIONALITAS SEBAGAI UPAYA PENJAMINAN KUALITAS PADA SISTEM FORMULIR REQUEST PROJECT MONITORING. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Kelvin Gilbert Tanoko)
181710034_Bab 0.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181710034_Bab 1.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181710034_Bab 2.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text
181710034_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
181710034_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
181710034_Bab 5.pdf

Download (211kB) | Preview

Abstract

Peningkatan penggunaan website akhir-akhir ini terus meningkat, hal ini dikarenakan website memiliki segudang manfaat dan dapat digunakan oleh siapa saja, baik organisasi, kelompok, maupun individu, tergantung pada kebutuhannya masing-masing. Hal tersebut membuat perusahaan terus melakukan inovasi dengan memanfaatkan teknologi perangkat lunak salah satunya website dalam mendukung beberapa aktivitas perusahaan. Melihat hal ini maka diperlukannya juga pengujian perangkat lunak secara bertahap agar pengembang dan penguji dapat memastikan fungsi yang dibuat dapat berjalan baik. Pada Perusahaan Astra Credit Companies (ACC) sedang mengembangkan website Formulir Request Project Monitoring yang berada pada tahap pengembangan akhir dan belum diketahui keberhasilan fungsi utama secara keseluruhan pada website apakah sudah sesuai dengan spesifikasi kebutuhan User atau belum, oleh karena itu diperlukannya pengujian seiring tahap pengembangannya. Berdasarkan kondisi diatas, salah satu pengujian yang dapat dilakukan adalah pengujian fungsionalitas dengan dilakukan secara manual dan otomatis dengan tujuan mengetahui keberhasilan fungsi, serta menemukan bug dari fungsi-fungsi utama pada website Formulir Request Project Monitoring. Metode yang digunakan pada pengujian fungsionalitas adalah metode pengujian kotak hitam atau biasa disebut Black Box Testing, berfokus pada fitur-fitur dan fungsi spesifik, vital dalam menemukan bug atau kesalahan fungsi serta efisiensi dalam hal penggunaan waktu untuk pengujian secara berkala melalui analisis report pengujian yang dihasilkan. Pada penelitian ini didapatkan bahwa pengujian yang dilakukan secara manual dan otomatis memiliki 87 passes dan 0 failures dengan Application Readiness 100% dari setiap fungsi yang diuji yang mana pengujian manual dapat menyelesaikan 15,53% lebih cepat dibandingkan pengujian otomatis. Fungsionalitas Sistem Formulir Request Project Monitoring telah memenuhi standar yang ada di Perusahaan Astra Credit Companies (ACC) yang dibuktikan dengan tidak adanya kegagalan atau Bug dari hasil pengujian yang ada.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengujian Perangkat Lunak, Pengujian Fungsional Black Box Testing, Pengujian Manual, Pengujian Otomatis, Sistem Formulir Request Project Monitoring.
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 13 Sep 2022 13:15
Last Modified: 13 Sep 2022 13:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27437

Actions (login required)

View Item View Item