PENGEMBANGAN GAME EDUKASI VISUAL NOVEL TENTANG PANDEMI COVID-19 MENGGUNAKAN REN’PY

Pudyaswara, Martinus Adisena Dimas (2022) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI VISUAL NOVEL TENTANG PANDEMI COVID-19 MENGGUNAKAN REN’PY. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Martinus Adisena Dimas Pudyaswara)
150708230_Bab 0.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150708230_Bab 1.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150708230_Bab 2.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150708230_Bab 3.pdf

Download (391kB) | Preview
[img] Text
150708230_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
150708230_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (995kB)
[img]
Preview
Text
150708230_Bab 6.pdf

Download (219kB) | Preview

Abstract

Game edukasi Covid-19 yang menggunakan Ren’py berjudul “Covid Chronicles” ini adalah game Visual Novel yang dikembangkan dalam masa pandemi Covid-19 dan dirancang untuk proses belajar mengajar distance learning santai dalam bentuk narasi atau storytelling di mana pemain dapat memainkan game edukasi yang dirancang selama masa pandemi ini. Hal ini dikarenakan kadang beberapa orang di masyarakat luas masih belum memahami pentingnya protokol kesehatan, dan akhirnya menyebabkan angka terinfeksinya seseorang karena Covid19 masih terus bertambah. Alasan mengapa game edukasi ini dikembangkan, karena kadang di masyarakat luas terutama saat masa pandemi ini, banyak orang meremehkan dan tidak mematuhi protokol kesehatan. Dari hal tersebut muncul ide untuk mengembangkan game edukasi yang dapat memicu semangat belajar melalui distance learning yang menempatkan pemain dalam sebuah simulasi narasi dalam game untuk mengendalikan seorang tokoh utama yang saat ini juga berada dalam cerita yang berfokus pada cara penanggulangan dan tindakan yang dapat dipilih selama memainkan game edukasi visual novel bertemakan Covid-19. Dalam tahapan pengujian yang dilakukan dengan membagikan aplikasi game edukasi pada beberapa responden terpilih, telah didapatkan hasil berupa respon positif dimana game edukasi yang dirancang memberikan hasil pengalaman yang baik pada pemain dan berfungsi secara handal. Secara keseluruhan dapat diambil kesimpulan bahwa game edukasi yang dirancang memberikan kepuasan pada pemain dan menambah wawasan dalam masa pandemi ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: game edukasi, Visual Novel, Covid-19, distance learning, ren’py
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 14 Sep 2022 11:14
Last Modified: 14 Sep 2022 11:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27441

Actions (login required)

View Item View Item