Melita, . (2009) SURVEI PROFIL SEGMEN IBU RUMAH TANGGA DAN REMAJA PUTRI : KAJIAN PENENTUAN IKLAN DAN MEDIA PADA PRODUK KOSMETIK. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0EM16352.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1EM16352.pdf Download (958kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2EM16352.pdf Download (264kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3EM16352.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
||
Text (Bab IV)
4EM16352.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) |
||
|
Text (Bab V)
5EM16352.pdf Download (820kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis perbandingan aktivitas, kriteria media iklan yang diminati, kebiasaan mengkonsumsi media, media iklan yang mudah diakses, bentuk/jenis iklan dan media iklan yang dianggap menarik, serta informasi yang dianggap penting dan media iklan yang dianggap dapat menyajikan informasi lengkap antara ibu ruumah tangga dan remaja putri berkaitan dengan produk kosmetik. Responden dalam penelitian ini berjumlah 200 orang wanita baik remaja putri maupun ibu rumah tangga pengguna kosmetik, yang diambil dengan purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis presentase, analisis deskriptif, analisis chi-square, dan analisis independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa perbedaan antara remaja putri dan ibu rumah tangga dalam aktivitas yang dilakukan, pemilihan kriteria media iklan yang diminati, kebiasaan mengkonsumsi media iklan, media iklan yang mudah diakses, bentuk/jenis iklan dan media iklan yang dianggap menarik, serta informasi iklan yang dianggap penting dan media iklan yang dianggap dapat menyajikan informasi lengkap untuk produk kosmetik. Hasil selengkapnya adalah pertama, terdapat perbedaan aktivitas antara ibu rumah tangga dan remaja putri. Kedua, terdapat perbedaan pemilihan kriteria media iklan yang diminati antara ibu rumah tangga dan remaja putri (hanya untuk media iklan yang sesuai konsumsi media sehari-hari. Ketiga, terdapat perbedaan dalam kebiasaan mengkonsumsi media radio tabloid, malajah, surat kabar, dan internet antara ibu rumah tangga dan remaja putri. Keempat, terdapat perbedaan dalam media iklan yang mudah diakses antara ibu rumah tangga dan remaja putri (hanya pada media tabloid dan majalah). Kelima, tidak terdapat perbedaan antara ibu rumah tangga dan remaja putri dalam bentuk/jenis iklan kosmetik yang dianggap menarik (semua bentuk/jenis iklan kosmetik), namun terdapat perbedaan dalam unsur media iklan yang dapat mempengaruhi minat beli (untuk unsur visual dan audio) dan media yang dianggap menampilkan bentuk iklan menarik ( untuk tabloid dan majalah). Keenam, terdapat perbedaan antara ibu rumah tangga dan remaja putri dalam informasi iklan kosmetik yang dianggap penting (untuk informasi mengenai spesifikasi dan bahan produk, petunjuk penggunaan, kesan produk, prestis produk, dan kualitas produk) dan media yang dianggap menyajikan informasi lengkap ( untuk tabloid dan majalah).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Survei profil, segmen ibu rumah tangga dan remaja putri, iklan, media, produk kosmetik. |
Subjects: | Manajemen > Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 03 Jul 2013 08:51 |
Last Modified: | 03 Jul 2013 08:51 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2747 |
Actions (login required)
View Item |