PENGARUH MATERIALISME, PEMBELIAN TIDAK TERENCANA, PENGGUNAAN DAFTAR BELANJA DAN GENDER TERHADAP PEMBELIAN KOMPULSIF KONSUMEN

Sari, Rezki Ayudia (2009) PENGARUH MATERIALISME, PEMBELIAN TIDAK TERENCANA, PENGGUNAAN DAFTAR BELANJA DAN GENDER TERHADAP PEMBELIAN KOMPULSIF KONSUMEN. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0EM16393.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1EM16393.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2EM16393.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3EM16393.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB)
[img] Text (Bab IV)
4EM16393.pdf
Restricted to Registered users only

Download (916kB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
5EM16393.pdf

Download (366kB) | Preview

Abstract

Pembelian kompulsif merupakan pembelian yang kronis dan berulangulang yang menjadi respon utama dari suatu kejadian atau perasaan yang negatif, sehingga pembelian kompulsif adalah suatu bentuk konsumsi yang merupakan perilaku konsumen abnormal yang dianggap sebagai sisi gelap konsumsi karena ketidakmampuan konsumen dalam mengendalikan dorongan hati yang kuat untuk selalu melakukan pembelian, dan terkadang mempunyai konsekuensi yang berat. Pembeli kompulsif (shopaholic) adalah konsumen yang keranjingan belanja atau cenderung suka membelanjakan uang untuk membeli barang meskipun barang tersebut tidak mereka butuhkan. Menurut Shoham dan Brencic (2003), pembelian kompulsif dapat dipengaruhi oleh pembelian tidak terencana, pembelian yang dilakukan diluar daftar belanja dan ditinjau dari perbedaan gender. Penelitian yang dilakukan oleh Iin dan Prima (2006) bahwa pendekatan psikologi nilai materialisme mempengaruhi pembelian kompulsif konsumen. Berikutnya penelitian yang dilakukan oleh Belk (1985), materialisme dapat dijelaskan oleh skala possessiveness, nongenerosity dan envy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh materialisme (possessiveness, nongenerosity dan envy), pembelian tidak terencana, penggunaan daftar belanja dan gender terhadap pembelian kompulsif konsumen. Hasil penelitian ini diketahui bahwa ada pengaruh pembelian tidak terencana, materialisme (possessiveness dan envy), dan wanita memiliki perilaku pembelian kompulsif lebih tinggi dibandingkan dengan pria. Tidak ada pengaruh pembelian diluar daftar belanja dan materialisme nongenerosity terhadap perilaku pembelian kompulsif konsumen. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai masukan bagi praktisi perusahaan, produsen, pemasar dan konsumen sehingga dapat mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi pembelian kompulsif konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelian kompulsif, Pembelian tidak terencana, Penggunaan Daftar Belanja, Materialisme, Possessiveness, Nongenerosity dan Envy
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 03 Jul 2013 08:56
Last Modified: 03 Jul 2013 08:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2749

Actions (login required)

View Item View Item