EVALUASI PENERAPAN K3 (KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA) PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG SGLC (SMART AND GREEN LEARNING CENTER) UNIVERSITAS GAJAH MADA

Mahendra, Dyan Putra (2021) EVALUASI PENERAPAN K3 (KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA) PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG SGLC (SMART AND GREEN LEARNING CENTER) UNIVERSITAS GAJAH MADA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Dyan Putra Mahendra)
170216879_Bab 0.pdf

Download (780kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170216879_Bab 1.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170216879_Bab 2.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text
170216879_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
170216879_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img]
Preview
Text
170216879_Bab 5.pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

Pembangunan proyek konstruksi memiliki risiko yang tinggi terhadap kecelakaan kerja. Salah satu penyebab kecelakaan kerja yaitu kurangnya kesadaran dalam menerapkan standart manajemen K3 (Keselamatan Kesehatan Kerja). Kurangnya kesadaran dalam menerapkan K3 dapat memberikan suatu risiko yang besar terhadap pekerja dan juga terhadap produktivitas serta biaya dari proyek konstruksi tersebut. Oleh karena hal tersebut, keselamatan kerja merupakan aspek yang harus dievaluasi serta diperbaiki. Pada penelitian ini penulis akan membahas mengenai evaluasi penerapan K3 dengan menggunakan metode HIRARC (Hazard Identification, Risk Asisment, & Risk Control) pada proyek pembangunan Gedung SGLC Universitas Gajah Mada Yogyakarta. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu dengan mempelajari studi literatur yang ada, melakukan pengambilan data di lapangan dengan melakukan wawancara kepada para pekerja yang menjadi informan. Dari data hasil wawancara tersebut, terdapat 4 pekerjaan dengan smber bahaya yang kemudian dapat dilakukan identifikasi bahaya yang mungkin terjadi dari tiap pekerjaan. Dari data responden kuisioner dapat dilakukan suatu pengujian validitas dan reliabilitas. Hasil dari pengujian validitas pada semua item pertanyaan dinyatakan valid dan dari pengujian reliabilitas dinyatakan reliabel atau konsisten. Setelah mengetahui identifikasi bahaya dari tiap pekerjaan, dilakukan suatu analisa tingkat kemungkina (probability) dan tingkat keparahan (severity). Terdapat 1 variabel dengan tingkat risiko tinggi (high risk) yaitu pada pemasangan bekisting dengan identifikasi bahaya terjatuh dari ketinggian, 18 variabel dengan tingkat risiko sedang (medium risk), dan 2 variabel dengan tingkat risiko rendah (low risk). Pengendalian risiko tersebut dapat dilakukan dengan meminimalkan atau menghilangkan terjadinya risiko tersebut dengan melakukan pengendalian pada sumber bahaya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: proyek konstruksi, K3, HIRARC, probability, severity.
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 06 Oct 2022 09:14
Last Modified: 06 Oct 2022 09:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27581

Actions (login required)

View Item View Item