IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENGELOLAAN LIMBAH PROYEK PADA BANGUNAN GEDUNG (Studi Kasus: Proyek Paket 4: Pembangunan DLC, FRC, APSLC, dan TILC Universitas Gadjah Mada Yogyakarta)

Widanti, Chaterina Siena Cahya (2021) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENGELOLAAN LIMBAH PROYEK PADA BANGUNAN GEDUNG (Studi Kasus: Proyek Paket 4: Pembangunan DLC, FRC, APSLC, dan TILC Universitas Gadjah Mada Yogyakarta). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Chaterina Siena Cahya Widanti)
170216982_Bab 0.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
170216982_Bab 1.pdf

Download (730kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170216982_Bab 2.pdf

Download (834kB) | Preview
[img] Text
170216982_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB)
[img] Text
170216982_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
170216982_Bab 5.pdf

Download (729kB) | Preview

Abstract

Perkembangan industri konstruksi mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Namun di sisi lain, industri konstruksi merupakan salah satu faktor utama dari dampak negatif terhadap lingkungan yaitu masalah limbah dalam proyek konstruksi. Pengelolaan limbah konstruksi merupakan bagian dari cara agar proses konstruksi dapat dilakukan tanpa mengesampingkan efek negatif terhadap lingkungan. Manajemen limbah konstruksi akan berdampak pada efisiensi penggunaan material, sehingga semakin mengurangi sumber daya alam yang digunakan. Dengan begitu, perlu adanya analisis mengenai hal ini, dengan tujuan mengetahui jenis limbah yang dihasilkan serta cara mengelola limbah yang telah diimplementasikan. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara kepada narasumber pilihan peneliti. Narasumber ini adalah orang-orang yang secara langsung maupun tidak mengetahui tentang pengelolaan limbah. Metode analisis data dengan menggunakan metode kualitatif tematik deduktif. Hasil dari penelitian ini adalah jenis limbah yang dihasilkan adalah limbah konstruksi; limbah beton, limbah potongan besi, potongan kayu, potongan keramik, sisa bobokan beton, potongan bata, potongan plafon, potongan kusen, potongan aluminium, limbah cor, potongan besi, potongan pipa, bekisting tidak terpakai, penggunaan keramik, dan potongan gypsum. Limbah domestik; limbah organik, limbah anorganik, limbah B3. Konsep manajemen pengelolaan limbah yang diimplementasikan adalah menggunakan konsep proses reduce, recycle material, melakukan pemilahan limbah konstruksi sesuai dengan kategori, melakukan dokumentasi limbah konstruksi berupa pencatatan volume, melakukan pemantauan dan evaluasi sistem manajemen limbah, dan mengadakan pelatihan manajemen limbah kepada karyawan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: limbah konstruksi, konsep, aplikasi, manajemen, pengelolaan limbah.
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 07 Oct 2022 10:01
Last Modified: 07 Oct 2022 10:01
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27593

Actions (login required)

View Item View Item