PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, SISTEM PENGENDALIAN INTERN, AKUNTABILITAS, DAN TRANSPARANSI PENGELOLAAN LAPORAN KEUANGAN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN BANTUL

Wibowo, Felicia (2022) PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, SISTEM PENGENDALIAN INTERN, AKUNTABILITAS, DAN TRANSPARANSI PENGELOLAAN LAPORAN KEUANGAN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Felicia Wibowo)
180424348_Bab 0.pdf

Download (718kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180424348_Bab 1.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180424348_Bab 2.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text
180424348_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
180424348_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[img]
Preview
Text
180424348_Bab 5.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Penelitan ini merupakan pengujian kembali pengaruh kompetensi sumber daya manusia, sistem pengendalian intern, akuntabilitas, dan transparansi pengelolaan laporan keuangan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah dengan subjek yang berbeda dengan peneliti terdahulu. Subjek yang diteliti pada penelitian ini adalah Kabupaten Bantul, sehingga diharapkan dapat memberikan referensi bagi pemerintah dalam meningkatkan kualitas laporan keuangan di instansi masing-masing. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif statistik menggunakan model empiris dengan uji regresi linear berganda dan melakukan pengambilan sampel dengan kuesioner. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis data primer, yaitu data yang dikumpulkan penulis menggunakan kuesioner. Penelitian ini dilakukan di 29 OPD dari 36 OPD Kabupaten Bantul. Metode pengambilan sampel yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode non probabilitas dengan teknik purposive sampling. Metode pengambilan data menggunakan survei (survey) atau self-administered survey dengan menyebarkan kuesioner kepada responden individu dengan kriteria tertentu dan jumlah sampel sebanyak 115 responden. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sistem Pengendalian Intern, Akuntabiltas, dan Transparansi Pengelolaan Laporan Keuangan berpengaruh positif terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul. Sedangkan Kompetensi Sumber Daya Manusia tidak berpengaruh terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Sumber Daya Manusia, Sistem Pengendalian Intern, Akuntabilitas, Transparansi Pengelolaan Laporan Keuangan, Kabupaten Bantul.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 25 Oct 2022 10:53
Last Modified: 25 Oct 2022 10:53
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27666

Actions (login required)

View Item View Item