PEMAKNAAN FOLLOWERS LAKI-LAKI TERHADAP NILAI BEAUTY STANDARD LAKI – LAKI DALAM VIDEO IKLAN MS GLOW FOR MEN #SEMUAJUGABISA DI INSTAGRAM @msglowformen

SIANTURI, CORY MARGARETHA (2022) PEMAKNAAN FOLLOWERS LAKI-LAKI TERHADAP NILAI BEAUTY STANDARD LAKI – LAKI DALAM VIDEO IKLAN MS GLOW FOR MEN #SEMUAJUGABISA DI INSTAGRAM @msglowformen. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (CORY MARGARETHA SIANTURI)
170906445 0.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906445 1.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906445 2.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text
170906445 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)
[img]
Preview
Text
170906445 4.pdf

Download (386kB) | Preview

Abstract

MS Glow for Men merupakan salah satu brand yang berusaha untuk mematahkan beauty standard khususnya laki-laki yang ada di kalangan masyarakat. MS Glow for Men memilih Babe Cabita dan Marshel Widianto sebagai model iklan produk mereka guna mendobrak stigma beauty standard yang ada di masyarakat. Pemilihan tersebut juga dikarenakan MS Glow for Men ingin menunjukkan bahwa setiap orang juga bisa menjadi model iklan tanpa harus mengikuti stigma masyarakat mengenai beauty standard atau setiap orang juga bisa tampil apa adanya, tanpa melihat fisik dan wajah. Namun, tidak semua orang menerima pesan yang disampaikan dalam video iklan MS Glow for Men tersebut, beberapa dari mereka memberikan hujatan. Fokus dalam penelitian ini adalah proses decoding khalayak. Oleh karena itu, peneliti ingin mencari tahu makna yang diterima khalayak khususnya followers laki-laki dari pesan iklan yang disampaikan oleh MS Glow for Men melalui akun Instagram @msglowformen dan ingin melihat posisi pemaknaan yang diberikan oleh khalayak mengenai iklan dari MS Glow for Men. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori resepsi Stuart Hall. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan melakukan wawancara bersama pihak MS Glow for Men dan lima followers laki-laki Instagram @MSGLOWFORMEN yang pernah menonton video iklan tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah makna dominan yang diberikan decoder dan juga posisi pemaknaan informan, yaitu dominant/hegemonic reading, negotiated reading dan oppositional reading. Peneliti menemukan faktor dari lingkungan sosial sangat mempengaruhi mereka dalam memaknai nilai beauty standard dalam video iklan MS Glow for Men #semuajugabisa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Beauty Standard, Iklan, Analisis Resepsi, Instagram, Followers, MS Glow for Men
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 10 Nov 2022 09:49
Last Modified: 10 Nov 2022 09:49
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27868

Actions (login required)

View Item View Item