RESEPSI FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM @HUMANEMAGAZINE MENGENAI KONTEN KAMPANYE LGBTQ+ DI INDONESIA

CRISTIE, ALESSANDRA ANDRIANNA (2022) RESEPSI FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM @HUMANEMAGAZINE MENGENAI KONTEN KAMPANYE LGBTQ+ DI INDONESIA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Alessandra Andrianna Cristie)
170906469_Bab 0.pdf

Download (814kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906469_Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906469_Bab 2.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
170906469_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (904kB)
[img] Text
170906469_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan melihat resepsi pembaca mengenai konten LGBTQ+ di akun media sosial Instagram @humanemagazine. LGBTQ+ adalah singkatan dari Lesbian, Gay, Bisexsual, Transgender, Queer+ yang merupakan kelompok minoritas yang sering mengalami diskriminasi di Indonesia. Hadirnya media sosial seperti Instagram juga menjadi salah satu sarana untuk mengungkapkan pendapat satunya adalah akun Instagram @humanemagazine yang menyuarakan berbagai hal terkait keresahan yang dialami oleh kelompok LGBTQ+ di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis resepsi dan menggunakan teori encoding-decoding Stuart Hall. Penelitian ini dilakukan dengan mewawancarai 11 narasumber yang terbagi menjadi dua kelompok, kelompok pengirim pesan yang terdiri dari satu orang dan kelompok penerima pesan terdiri dari 10 orang yang merupakan pengikut atau followers dari akun instagram @humanemagazine. Penelitian ini menunjukkan bahwa konten instagram @humanemagazine mengandung konten kampanye yang menyuarakan hak-hak LGBTQ+ berdasarkan resepsi dari lima narasumber di posisi dominanhegemonis dan empat narasumber yang berada di posisi negosiasi. Sementara itu, satu narasumber di posisi oposisional melihat konten-konten @humanemagazine terlihat terlalu vulgar dan tidak menyetujui adanya LGBTQ+. Resepsi narasumber penerima pesan dalam penelitian ini disebabkan oleh faktor frameworks of knowledge, relations of production dan technical infrastructure.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis Resepsi, LGBTQ+, Konten Instagram, Humanemagazine
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 10 Nov 2022 10:24
Last Modified: 29 Apr 2024 21:33
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27870

Actions (login required)

View Item View Item