EFEKTIVITAS REELS “HOW TO WEAR : AVANA PRODUCT” PADA INSTAGRAM SHOP AT VELVET BERDASARKAN PENGUKURAN CUSTOMER RESPONSE INDEX DENGAN KONSEP AISAS (Studi Deskriptif pada Followers Shop at Velvet)

ADHYATMA, DAMIAN AXELINE PUTRI (2022) EFEKTIVITAS REELS “HOW TO WEAR : AVANA PRODUCT” PADA INSTAGRAM SHOP AT VELVET BERDASARKAN PENGUKURAN CUSTOMER RESPONSE INDEX DENGAN KONSEP AISAS (Studi Deskriptif pada Followers Shop at Velvet). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMIAN AXELINE PUTRI ADHYATMA)
180906501 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906501 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906501 2.pdf

Download (840kB) | Preview
[img] Text
180906501 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (809kB)
[img]
Preview
Text
180906501 4.pdf

Download (934kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi dan internet saat ini mampu memberikan kemudahan pemasar dalam melakukan komunikasi pemasaran. Salah satunya adalah dengan menggunakan media sosial. Kepopuleran penggunaan media sosial tidak hanya berdasarkan kemudahan berkomunikasi yang diberikan, tetapi juga pemberian kemudahan bagi pengembangan promosi sektor bisnis. Contoh media sosial yang saat ini banyak digunakan untuk mempermudah pebisnis memasarkan produknya adalah Instagram. Media sosial yang telah ada sejak tahun 2010 tersebut terus memberikan fiturfitur terbaru yang bisa dimanfaatkan pebisnis. Salah satunya dengan adanya fitur reels yang dapat dilengkapi dengan fitur Instagram Shopping yang mempermudah promosi penjualan. Salah satu perusahaan yang menggunakan kedua fitur tersebut ialah Shop at Velvet. Pada penelitian ini reels Shop at Velvet yang menjadi objek penelitian adalah reels yang berjudul “How To Wear : Avana Product” yang memiliki engagement paling tinggi diantara 53 reels yang diunggah. Reels tersebut juga berhasil menyampaikan konsep “simple”, yang dibuktikan oleh komentar dari para viewers. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur efektivitas salah satu reels Shop at Velvet yakni Reels ”How To Wear : Avana Product”, yang diukur menggunakan metode customer response index dengan konsep AISAS. Penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pengambilan sample secara purposive sampling. Populasi pada penelitian ini merupakan 327.000 followers Shop at Velvet, kemudian ditetapkan 100 responden menggunakan rumus Slovin. Total 100 responden tersebut merupakan responden perempuan usia 17-35 tahun, yang menjadi target penjualan Shop at Velvet. Metode pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran Google Form melalui Direct Messages Instagram. Kuesioner yang dibagikan kepada 100 responden sudah diuji terlebih dahulu menggunakan metode Uji Validitas dan Uji Reliabilitas. Dari hasil olah data diperoleh nilai CRI AISAS 36%, CRI AISS 17%, CRI AIAS 0%, CRI AIS 0%. Berdasarkan hasil CRI AISAS dan AISS disimpulkan reels belum efektif karena nilai CRI masih rendah. Reels hanya efektif pada tahap awal attention 94% dan interest 87%. Sedangkan untuk action masih belum efektif karena dari model AISAS hanya 14 responden yang membeli produk. Pada model CRI AIAS dan AIS tidak memperoleh nilai karena tidak adanya responden yang melalui tahap tersebut. Hal tersebut membuktikan bahwa responden masih perlu melalui tahap search, sehingga digital marketing perlu mempertimbangkan untuk memberi detail informasi produk dengan jelas kepada konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran, Efektivitas, CRI AISAS
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 10 Nov 2022 12:59
Last Modified: 10 Nov 2022 12:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27884

Actions (login required)

View Item View Item