EFEKTIVITAS IKLAN CAMPAIGN #IMPERFECTBEAUTY ELSHESKIN DENGAN PENDEKATAN EPIC MODEL (Studi Pada Followers @Elsheskin)

YURISTHASARI, HYACINTHA MARISCOTTI (2022) EFEKTIVITAS IKLAN CAMPAIGN #IMPERFECTBEAUTY ELSHESKIN DENGAN PENDEKATAN EPIC MODEL (Studi Pada Followers @Elsheskin). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HYACINTHA MARISCOTTI YURISTHASARI)
180906521 0.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906521 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906521 2.pdf

Download (904kB) | Preview
[img] Text
180906521 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)
[img]
Preview
Text
180906521 4.pdf

Download (629kB) | Preview

Abstract

Periklanan merupakan salah satu bentuk komunikasi yang memiliki tujuan untuk mengajak konsumen yang melihat, membaca, dan mendengarnya untuk melakukan sesuatu. Iklan yang efektif adalah seberapa besar iklan yang diterima dapat menarik perhatian, mudah dipahami, mudah diingat, dan membangkitkan emosi konsumen hingga pada pencapaian tujuan iklan yang dibuat oleh pengiklan. Selain itu, terdapat dua tingkatan bahwa iklan dikatakan efektif antara lain :pertama, iklan harus dapat memuaskan keinginan konsumen. Hal tersebut bisa dilakukan dengan menciptakan hubungan dengan konsumen dalam hal menyampaikan pesan yang relevan. Kedua, iklan harus dapat mencapai tujuan daripengiklan (Mahdi,dkk : 2020). Ada beberapa metode yang digunakan untuk mengukur efektivitas iklan, salah satunya melalui metode EPIC Model. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan dilakukan melalui metode survey dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang sesuai dengan kriteria penelitian ini yaitu kaum perempuan atau followers Instagram Elsheskin yang mengetahui iklan #ImPerfectBeauty dengan rentang usia 17 tahun – 30 tahun. Data yang diambil merupakan data dari kuesioner EPIC Model. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa iklan #ImPerfectBeauty merupakan iklan yang efektif. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui hasil perolehan nilai rata-rata kumulatif dari keempat dimensi (empathy, persuasion, impact, communication) yang mendapatkan nilai “efektif” sesuai kategori tabel interval AC Nielsen. Dari keempat dimensi pengukuran EPIC Model, dimensi yang paling unggul adalah dimensi communication. Sehingga, jika dilihat dari kriteria yang di sesuaikan dengan dimensi communication, followers Elsheskin memiliki penilian bahwa brand Elsheskin mampu mengemas dalam hal menyampaikan pesan utama iklan dan kemampuan followers untuk mengingat dan memahami iklan #ImPerfectBeauty. Pesan utama yang dipahami dalam iklan ini berupa ketidaksempurnaan merupakan hal yang wajar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Iklan, EPIC Model, Elsheskin
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 11 Nov 2022 09:59
Last Modified: 11 Nov 2022 09:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27894

Actions (login required)

View Item View Item