PENERAPAN HUKUMAN DISIPLIN PEGAWAI NEGERI SIPIL TERHADAP PELANGGARAN NETRALITAS PEGAWAI NEGERI SIPIL DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH DI KABUPATEN SARMI TAHUN 2017

Wersemetawar, Annethe Lufhanschia (2022) PENERAPAN HUKUMAN DISIPLIN PEGAWAI NEGERI SIPIL TERHADAP PELANGGARAN NETRALITAS PEGAWAI NEGERI SIPIL DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH DI KABUPATEN SARMI TAHUN 2017. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Annethe Lufhanschia Wersemetawar)
180513211_Bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
180513211_Bab 1.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] Text
180513211_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
180513211_Bab 3.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

Netralitas PNS merupakan salah satu tuntutan disiplin PNS yang diatur dalam Peraturan Perundang-undangan. Meskipun telah diatur dalam peraturan perundangundangan, pelanggaran netralitas PNS masih sering terjadi di Indonesia, salah satunya di Kabupaten Sarmi. Pelanggaran ini sering terjadi khususnya pada pemilihan umum kepala daerah. Salah satu pelanggaran netralitas PNS yang terjadi dalam Pilkada di Kabupaten Sarmi adalah pemberian dukungan dengan memberikan KTP PNS. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan hukuman disiplin PNS dan faktor-faktor penghambat diterapkannya hukuman disiplin terhadap pelanggaran netralitas PNS dalam Pilkada di Kabupaten Sarmi tahun 2017. Penulisan hukum ini menggunakan metode hukum normatif yang berfokus pada norma hukum dan peraturan perundang-undangan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa di Kabupaten Sarmi penerapan hukuman disiplin PNS terhadap pelanggaran netralitas PNS dalam Pilkada di Kabupaten Sarmi tahun 2017 belum optimal karena terdapat beberapa hambatan yakni: Ketidakpahaman regulasi mengenai netralitas PNS, Kewenangan pengawas pemilu yang masih terbatas, Kurangnya koordinasi lintas sektor (Bawaslu, Inspektorat, BKPSDM, dan KPU), Mempertimbangkan keaktifan dan kinerja PNS yang melakukan pelanggaran netralitas PNS, dan Sulit dalam menjatuhkan hukuman disiplin.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: disiplin PNS, netralitas, Pilkada, Kabupaten Sarmi
Subjects: Ilmu Hukum > Kenegaraan dan Pemerintah
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 15 Nov 2022 13:32
Last Modified: 15 Nov 2022 13:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27935

Actions (login required)

View Item View Item