PROSES PERENCANAAN KAMPANYE #APAALASANMU OLEH AGENSI MALEO

Istanto, Ragil Wahyu (2022) PROSES PERENCANAAN KAMPANYE #APAALASANMU OLEH AGENSI MALEO. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Ragil Wahyu Istanto)
180906724 0.pdf

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906724 1.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906724 2.pdf

Download (602kB) | Preview
[img] Text
180906724 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
180906724 4.pdf

Download (771kB) | Preview

Abstract

Salah satu dampak dari pandemi adalah meningkatnya kesadaran hidup sehat pada masyarakat Indonesia. AIA Finansial sebagai perusahaan asuransi memanfaatkan peluang tersebut untuk meluncurkan sebuah aplikasi health & wellness bernama AIA Vitality. AIA bekerjasama dengan agensi Maleo untuk menyusun sebuah kampanye peluncuran aplikasi tersebut berjudul #apaalasanmu. Kampanye ini menantang masyarakat Indonesia untuk memiliki gaya hidup sehat dengan memanfaatkan aplikasi AIA Vitality. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu proses perencanaan yang dilakukan oleh agensi Maleo ketika merencanakan kampanye #apaalasanmu. Pada penelitian ini menggunakan teori kampanye komunikasi yang dihubungkan dengan kerangka SOSTAC yang terdiri dari Situation analysis, Objective, Strategy, Tactic, Action dan Control guna melihat proses perencanaan dari sebuah kampanye. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara pada informan kunci dan studi pada dokumen yang dimiliki oleh agensi Maleo. Berdasarkan hasil dari penelitian, proses perencanaan kampanye yang dilakukan oleh agensi Maleo adalah pertama melakukan analisa pada brief yang diberikan oleh klien, lalu melakukan analisis situasi menggunakan kerangka 4C (Company, Category, Culture, Consumer). Berdasarkan data dari analisis situasi maka dilakukan pengemban strategi, pengembangan ide besar, dan pengembangan eksekusi kreatif. Terakhir untuk dapat mengetahui berhasil atau tidaknya kampanye maka disusun KPI(Key Performance Indikator).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kampanye, Asuransi, AIA Finansial, SOSTAC, Maleo
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 15 Nov 2022 13:46
Last Modified: 15 Nov 2022 13:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27937

Actions (login required)

View Item View Item