STRATEGI PRESENTASI DIRI UNTUK MENJADI PEMAIN KREDIBEL DALAM PERMAINAN AMONG US

Wibisono, Julian Abednego (2022) STRATEGI PRESENTASI DIRI UNTUK MENJADI PEMAIN KREDIBEL DALAM PERMAINAN AMONG US. S2 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Julian Abednego Wibisono)
195502988 0.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
195502988-1.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
195502988-2.pdf

Download (399kB) | Preview
[img] Text
195502988-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
195502988-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (922kB)
[img]
Preview
Text
195502988-5.pdf

Download (654kB) | Preview

Abstract

Pada pertengahan Agustus 2020 terdapat sebuah permainan daring yang viral di kalangan muda bernama Among Us. Permainan ini dikreasikan sejak Mei 2018, namun menjadi terkenal pada masa pandemi COVID-19 dikarenakan banyak pemain online game yang mengunduh dan memainkannya. Among Us merupakan salah satu jenis permainan social deduction, yakni permainan yang mengharuskan pemain menebak peran dan mendapatkan informasi yang rinci tentang lawan mainnya melalui perilaku dan komunikasi. Oleh sebab permainan Among Us membutuhkan diskusi antara satu dengan pemain yang lain, maka setiap pemain perlu merancangkan strategi presentasi diri yang tepat untuk memenangkan permainan. Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk mengetahui dan menerangkan strategi presentasi diri pemain Among Us dalam menjadi pemain kredibel. Pemain kredibel dalam Among Us adalah pemain yang mampu memenangkan permainan dengan menggunakan strategi presentasi diri yang tepat dalam komunikasi virtual. Penelitian ini menerapkan aplikasi permainan Among Us sebagai media komunikasi nonverbal dan aplikasi Google Meet sebagai media komunikasi verbal secara daring. Penelitian ini menggunakan teori presentasi diri untuk menemukan strategi presentasi diri dalam Among Us. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode netnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif dan wawancara. Penelitian ini menemukan enam strategi presentasi diri yang efektif dalam memenangkan permainan agar menjadi pemain kredibel. Strategi presentasi diri tersebut yakni: 1) menipu, 2) menyalahkan pemain lain, 3) menyarankan skip voting, 4) memojokkan pemain lain, 5) mengingatkan untuk menyelesaikan task, dan 6) mengklaim diri sebagai crewmate atas visual task. Keenam strategi presentasi diri tersebut dipicu oleh pengalaman bermain, kepribadian dan peran yang didapat oleh pemain.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Presentasi diri, Among Us, netnografi, pemain kredibel, permainan daring.
Subjects: Magister Ilmu Komunikasi > Manajemen Media Digital
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor 5 uajy
Date Deposited: 18 Nov 2022 12:21
Last Modified: 18 Nov 2022 12:21
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27983

Actions (login required)

View Item View Item