ANALISIS KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI MASA PANDEMI VIRUS CORONA MENGGUNAKAN PENDEKATAN HAZZARD IDENTIFICATION RISK ASSESMENT DETERMINING CONTROL (HIRADC) DAN JOB SAFETY ANALISIS (JSA) PADA PROYEK PEMBANGUNAN APARTEMEN BARSA CITY YOGYAKARTA

Saputra, Miga Sukur (2022) ANALISIS KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI MASA PANDEMI VIRUS CORONA MENGGUNAKAN PENDEKATAN HAZZARD IDENTIFICATION RISK ASSESMENT DETERMINING CONTROL (HIRADC) DAN JOB SAFETY ANALISIS (JSA) PADA PROYEK PEMBANGUNAN APARTEMEN BARSA CITY YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Miga Sukur Saputra)
170216889_Bab 0.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
170216889_Bab 1.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170216889_Bab 2.pdf

Download (703kB) | Preview
[img] Text
170216889_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text
170216889_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
170216889_Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pandemi virus corona mempengaruhi pembangunan konstruksi yang sedang berlangsung karena sulitnya mengontrol pekerja. Sehingga diperlukan satu pendekatan khusus dalam merencanakan pengendalian keselamatan dan kesehatan kerja yang didasarkan pada pengendalian pencegahan kecelakaan kerja akibat proses konstruksi dan juga pengendalian pencegahan kecelakaan kerja akibat penularan virus corona ditempat kerja. Penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan pengamatan langsung terhadap aspek bahaya yang ditimbulkan akibat proses konstruksi dan aspek bahaya yang dapat menimbulkan risiko penularan virus corona pada pekerjaan arsitektural. Serta didukung dengan wawancara bersama Safety Healthy And Environment (SHE) dan pelaksana lapagan. Kemudian data dianalisis menggunakan pendekatan Hazzard Identification Risk Assessment Determining Control (HIRADC) untuk mengetahui tingkat risiko serta Job Safety Analisis (JSA) digunakan untuk membuat pengendalian risiko. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dengan menggunakan pendekatan Hazzard Identification Risk Assessment Determining Control (HIRADC) diketahui tingkat risiko kerja paling tinggi dan membutuhkan tindakan dalam menurunkan risiko atau berada pada kategori risiko III dan IV terdapat pada aspek – aspek bahaya diantaranya bekerja pada kerumunan padat pekerja, kelalaian pekerja dengan tidak menjaga jarak dan tidak menggunakan masker, kontak fisik dengan pekerja dari luar proyek dan kelalaian tidak menggunakan body safety lengkap pada saat bekerja pada ketinggian berada pada kategori IV, Sedangkan aspek bahaya lainnya seperti Engine error dan human error pada peralatan angkat seperti tower crane, mobile crane, hoist dan gondola, kelalaian pekerja dengan tidak menggunakan kaca mata pelindung saat pemotongan material dan aspek bahaya tersengat listrik peralatan angkat berupa gondola berada pada kategori risiko III. Kemudian dari hasil penelitian ini juga didapatkan serta Job Safety Analisis (JSA)

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Virus Corona, APD, Luka, Sakit, Safety Patrol, Rambu – Rambu.
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 23 Nov 2022 08:47
Last Modified: 23 Nov 2022 08:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28022

Actions (login required)

View Item View Item