PENGARUH PERUBAHAN JALUR TRANSPORTASI AIR KE DARAT TERHADAP TINGKAT AKSESIBILITAS DAN VISIBILITAS JALAN DI KOTA PADANG, KOTA PALEMBANG DAN KOTA SURABAYA

Agustiati, Mutiara Annisa (2022) PENGARUH PERUBAHAN JALUR TRANSPORTASI AIR KE DARAT TERHADAP TINGKAT AKSESIBILITAS DAN VISIBILITAS JALAN DI KOTA PADANG, KOTA PALEMBANG DAN KOTA SURABAYA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Mutiara Annisa Sawitri)
181124059_Bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
181124059_Bab 1.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181124059_Bab 2.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text
181124059_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text
181124059_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img]
Preview
Text
181124059_Bab 5.pdf

Download (150kB) | Preview

Abstract

Kehidupan sosial-budaya, ekonomi, dan politik di masyarakat dapat mempengaruhi perkembangan suatu kota. Berdasarkan sejarahnya, letak Indonesia yang strategis di jalur perdagangan membuat munculnya kota-kota besar di Indonesia sebagai kota pelabuhan yang berfungsi sebagai pusat administratif dan komersial. Fenomena sungai sebagai jalur transportasi utama kota pada masa lampau berdampak munculnya permukiman penduduk di sekitar atau sisi sungai. Pertumbuhan penduduk dan persebaran permukiman berbanding lurus dengan moda transportasi, sehingga kota membutuhkan jalur darat untuk mendistribusikan barang dan manusia agar lebih efisien dalam waktu dan biaya. Jaringan jalan darat terus berkembang dan menjadi jalur transportasi utama kota dan peran sungai sebagai jalur transportasi utama sebuah kota mulai bergeser. Kota Padang, Kota Palembang dan Kota Surabaya menjadi kota yang dipilih untuk diteliti karena memiliki karakteristik yang sama yaitu berperan sebagai kota pelabuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perubahan jalur transportasi utama dari air ke darat terhadap tingkat aksesibilitas dan visibilitas jalan pada Kota Padang, Kota Palembang dan Kota Surabaya dengan menggunakan space syntax. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan studi literatur dan review dokumen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan space syntax dan cross tabulation. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menunjukkan pengaruh perubahan jalur transportasi utama dari air menjadi darat terhadap tingkat aksesibilitas dan visibilitas jalan pada Kota Padang, Kota Palembang dan Kota Surabaya dengan menggunakan space syntax. Hasil lainnya adalah ditemukan persamaan dan perbedaan pola dari masing-masing kota ditinjau dari tingkat konektivitas, integrasi dan visibilitas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: visibilitas, aksesibilitas, jalan, sungai, space syntax.
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 23 Nov 2022 09:57
Last Modified: 23 Nov 2022 09:57
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28030

Actions (login required)

View Item View Item