PERANCANGAN JOGJA TEEN-VENTURE PARK DI YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN KARAKTERISTIK REMAJA

Chrisatmana, Alfonsa Maria Quinnemarchia (2022) PERANCANGAN JOGJA TEEN-VENTURE PARK DI YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN KARAKTERISTIK REMAJA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Alfonsa Maria Quinnemarchia Chrisatmana)
180117291_Bab 0.pdf

Download (871kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180117291_Bab 1.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180117291_Bab 2.pdf

Download (470kB) | Preview
[img] Text
180117291_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
180117291_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
180117291_Bab 5.pdf

Download (976kB) | Preview

Abstract

Kasus kenakalan remaja di Yogyakarta semakin meningkat setiap tahunnya, mulai dari ugal-ugalan, tawuran antar sekolah maupun antar kampung, mengkonsumsi minuman keras, narkoba, hamil diluar nikah, dan yang sedang marak terjadi yaitu kriminalitas jalanan atau klitih. Beberapa kasus kenakalan remaja di Yogyakarta berupa kriminalitas jalanan dan kepemilikan senjata tajam yang ditemukan paling banyak berada di Kabupaten Sleman. Beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku kenakalan remaja tidak lepas dari karakteristik remaja itu sendiri yaitu memiliki banyak energi dan emosi menggebu yang apabila tidak diarahkan bisa menjerumus ke kegiatan negatif. Menanggapi permasalahan kenakalan remaja dan kurangnya ruang terbuka publik akibat pembangunan gedung, maka dilakukan perancangan arsitektur yang difokuskan pada penataan ruang luar dengan fasilitas permainan menantang dan edukatif dengan nama Jogja Teen-venture Park. Perancangan berdasarkan pendekatan karakteristik remaja di diharapkan dapat menghasilkan suatu rancangan yang sesuai dengan kebutuhan remaja dan kegiatan yang dilakukannya. Penekanan desain diterapkan pada fasilitas permainan yang dirancang dapat memberikan sebuah tantangan kepada para remaja untuk menyalurkan energi dan emosinya sehingga remaja bisa menemukan cara yang positif untuk menemukan kepuasan dan identitas diri. Perancangan proyek ini dilakukan melalui beberapa tahap yaitu pengumpulan data, analisis data, dan sintesis desain serta menggunakan 2 teknik yaitu observasi lingkungan dan teori literatur. Hasil dari pengumpulan sumber dan pengolahan data berupa sintesis desain yang meliputi guideline, blok plan, konsep, dan detail penyelesaian desain. Sintesis desain tersebut akan menjadi pedoman dalam perancangan Jogja Teen-venture Park menjadi sebuah sarana penyaluran energi dan emosi bagi remaja melalui fasilitas permainan menantang dan sebuah taman edukasi dengan fokus penataan pada ruang luar pada ruang terbuka publik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kenakalan remaja, karakteristik remaja, tata ruang luar, permainan menantang, taman edukasi
Subjects: Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 29 Nov 2022 10:04
Last Modified: 29 Nov 2022 10:04
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28089

Actions (login required)

View Item View Item