Perencanaan dan Perancangan Masterplan Permukiman Ekologi Nusantara di Sepaku Tiga, K-IKN, Kalimantan Timur dengan Pendekatan “Smart-Eco2city”

Sitohang, Felipe Bagaskara Putra (2022) Perencanaan dan Perancangan Masterplan Permukiman Ekologi Nusantara di Sepaku Tiga, K-IKN, Kalimantan Timur dengan Pendekatan “Smart-Eco2city”. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Felipe Bagaskara Putra Sitohang)
180117310_Bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
180117310_Bab 1.pdf

Download (784kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180117310_Bab 2.pdf

Download (823kB) | Preview
[img] Text
180117310_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
180117310_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
180117310_Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Indonesia berencana memiliki ibukota negara baru di wilayah Sepaku, Kalimantan Timur dengan nama "Nusantara" sehingga akan begitu banyak pembangunan, integrasi infrastruktur dan penghidupan di wilayahnya. Dengan rencana ini, banyak pengadaan fasilitas, serta permukiman yang berpotensi untuk dibangun. Terkhusus bagi calon permukiman baru, terdapat potensi dampak positif dan negatif dalam rencana pembangunannya. Permukiman di Indonesia memiliki banyak permasalahan dalam pengembangan, penyediaan dan pembangunannya seperti adanya ketidak sesuaian dengan konteksual lokasi dan regulasi sehingga muncul adanya fenomena permukiman kumuh dan permukiman tidak layak huni. Sehingga, perlu pengadaan permukiman di ibukota negara baru yang sesuai dengan konteks lokasi, regulasi dan proses perkembangan global. Kalimantan memiliki kekayaan flora fauna yang berperan penting sebagai ekosistem paru-paru dunia sehingga banyak pertimbangan oleh pemerintah untuk aspek-aspek pembangunannya seperti konsep sustainability dan smart city. Maka, untuk merespon pembangunan di ibukota baru "Nusantara", penulis terinspirasi untuk membuat alternatif rancangan masterplan "Permukiman Ekologi Nusantara" dengan pendekatan arsitektur ekologis. Harapannya untuk menciptakan permukiman bagi masyarakat Indonesia yang memaksimalkan potensi positif dan menekankan kehidupan masyarakat self-sufficient dengan memiliki ekosistem ekonomi dan pangan yang stabil misalnya pemanfaatan sumber daya terbarukan, fasilitas rekreasi, serta pusat komunitas bagi masyarakat. Melihat konsep pembangunan wilayah ibukota "Nusantara" yang berbeda, maka berlaku juga dengan permukiman. Tidak lagi permukiman konvensional untuk beristirahat saja, atau menjadi penghasil jejak karbon, tetapi mampu menghidupi komunitas dan masyarakat sendiri dengan latar pertimbangan ekologi dan nusantara. Pertimbangan ekologi dan nusantara berarti memperhatikan ekosistem di dalamnya serta mengadopsi kekayaan nusantara, sehingga elemen permukiman bersifat kontekstual dan resiliens. Pertimbangan ekologis akan berkaitan dengan prinsip urban smartcity dan eco city dimana lingkungan permukiman akan mewadahi jaringan infrastruktur dan fasilitas yang cerdas, ekonomis dan ekologis sehingga menjadi wadah kebutuhan aspek ekonomi, sosial, budaya serta lingkungan hidup bagi penghuni. Komponen biotik dan abiotik dalam permukiman masing-masing akan mengisi peran pada jaringan ekosistem lingkungan hidup secara cerdas dan ekologis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Permukiman, Arsitektur Ekologis. Smart City, Eco2 City
Subjects: Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 29 Nov 2022 11:12
Last Modified: 29 Nov 2022 11:12
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28091

Actions (login required)

View Item View Item