PENGARUH BRAND ASSOCIATION TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi Eksplanatif Pengaruh Product Attributes, Customer’s Benefits, dan Life Style/Personality Ahmad Dhani terhadap Minat Beli Produk Jasa Ahmad Dhani School Of Rock pada Siswa SMP Negeri 1 Yogyakarta)

Kusuma, Andreas Indra (2012) PENGARUH BRAND ASSOCIATION TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi Eksplanatif Pengaruh Product Attributes, Customer’s Benefits, dan Life Style/Personality Ahmad Dhani terhadap Minat Beli Produk Jasa Ahmad Dhani School Of Rock pada Siswa SMP Negeri 1 Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03609.pdf

Download (2115Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03609.pdf

Download (2343Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03609.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03609.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1864Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03609.pdf

Download (1791Kb)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel brand association (asosiasi merek) yang terdiri dari Product Attributes Ahmad Dhani (X1), Customer’s Benefits Ahmad Dhani (X2), dan Life Style/Personality Ahmad Dhani (X3) secara simultan dan parsial terhadap minat beli konsumen Ahmad Dhani School of Rock (Y). Penelitian ini menggunakan tipe eksplanatori. Populasinya adalah siswa SMP Negeri 1 Yogyakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan 88 responden. Teknik pengukuran datanya dengan menggunakan skala Likert. Sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil uji validitas, semua instrumen menghasilkan koefisien korelasi lebih besar dari 0,209 dan dinyatakan valid. Sedangkan uji reliabilitas untuk semua variabel bernilai lebih dari 0,6 dan dinyatakan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Product Attributes Ahmad Dhani (X1), Customer’s Benefits Ahmad Dhani (X2), dan Life Style/Personality Ahmad Dhani (X3) secara bersama-sama atau simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen Ahmad Dhani School of Rock (Y) sebesar 98,8%, pengaruh tersebut dikategorisasikan sangat kuat. Sedangkan sisanya sebesar 1,2 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel Product Attributes Ahmad Dhani (X1) merupakan variabel yang mempunyai pengaruh paling kuat terhadap minat beli konsumen Ahmad Dhani School of Rock (Y). Pengaruh yang ditimbulkan oleh Product Attributes Ahmad Dhani sebesar 96,1%, kemudian Customer’s Benefits Ahmad Dhani sebesar 74,2% dan Life Style/Personality sebesar 87,4%. Saran yang diajukan oleh peneliti adalah perusahaan harus bisa mempertahankan dan menjaga asosiasi positif seorang Ahmad Dhani sebagai brand icon-nya yang kemudian dapat berimbas pada brand image perusahaan. Selain itu, pengelola lembaga sekolah musik Ahmad Dhani School of Rock harus bisa meyakinkan kepada calon konsumen melalui promosi yang dilakukannya, bahwa Ahmad Dhani School of Rock benar-benar bisa mewujudkan impian siswanya untuk menjadi seorang bintang maupun musisi profesional melalui beberapa testimoni siswanya yang sudah berhasil karena bersekolah musik di Ahmad Dhani School of Rock, tidak hanya memberi janji tetapi juga memberi bukti nyata tentang keberhasilan siswanya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Apr 2013 10:13
Last Modified: 11 Apr 2013 10:13
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/281

Actions (login required)

View Item View Item