OPTIMASI NILAI PERMEABILITAS DAN KOMPRESIBILITAS TANAH BERDASARKAN UJI OEDOMETER DAN TEORI KONSOLIDASI 1D TERZAGHI

Sumaji, Hansel Schaeffer (2021) OPTIMASI NILAI PERMEABILITAS DAN KOMPRESIBILITAS TANAH BERDASARKAN UJI OEDOMETER DAN TEORI KONSOLIDASI 1D TERZAGHI. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Hansel Schaeffer Sumaji)
170216942_Bab 0.pdf

Download (870kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170216942_Bab 1.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170216942_Bab 2.pdf

Download (551kB) | Preview
[img] Text
170216942_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[img] Text
170216942_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text
170216942_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img]
Preview
Text
170216942_Bab 6.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Teori konsolidasi Terzaghi 1D sering digunakan dalam praktik untuk menghitung konsolidasi fungsi waktu. Teori Terzaghi menggunakan nilai koefisien konsolidasi yang konstan. Jika perhitungan dilakukan pada tanah lempung yang memiliki permeabilitas tinggi salah satu contohnya adalah tanah reklamasi maka hasil perhitungan penurunan tidak dapat digunakan. Oleh karena itu dibutuhkan perhitungan koefisien konsolidasi yang mempertimbangkan perubahan nilai permeabilitas dan kompresibilitas tanah berdasarkan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan nilai koefisien konsolidasi yang universal yang didapatkan dari pengujian laboratorium yang di validasikan dengan hasil numerik dengan mempertimbangkan tekanan air pori berlebihan, angka permeabilitas dan Koefisien perubahan volume menggunakan metode analitik dan optimasi menggunakan Particle Swarm Optimization (PSO ) dengan metode back step calculation. Pertama penginputan batasan pada PSO dari nilai koefisien kompresibilitas, koefisien kemiringan permeabilitas dan koefisien permeabilitas. Kedua penghitungan tekanan air pori akan dihitung secara analitik. Hasil dari optimasi tersebut akan di verifikasi dengan data tanah yang ada. Pehitungan akan dilakukan mundur (back step). Tanah dimodelkan homogen. Pengujian ini menggunakan software MATLAB 2019. Hasil akhir yang didapatkan akan dicek erornya menggunakan RMSE (Root Mean Square Error) sehingga hasil perhitungan jika RMSE masih besar akan diulangi kembali hingga hasilnya mendekati. Berdasarkan hasil yang didapatkan pada perhitungan numerik dan pengujian laboratorium didapatkan nilai koefisien permeabilitas yang berbeda. Perhitungan koefisien konsolidasi dalam menentukan penurunan menggunakan pendekatan MATLAB lebih akurat dibandingkan dengan metode Casa Grande dan Taylor pada percobaan pertama dan kedua ketika dibandingkan dengan hasil pengujian laboratorium. Pada perhitungan RMSE didapatkan hasil 0.01 dan 0.03. Hubungan antara nilai angkapori terhadap log koefisien permeabilitas dan hubungan nilai angkapori dan log tegangan efektif adalah linier.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Koefisien Konsolidasi, Koefisien Permeabilitas, Optimasi, Particle Swarm Optimization, Metode Analitik dan Numerik.
Subjects: Sipil > Geo Teknik
Sipil > Geo Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 09 Dec 2022 09:29
Last Modified: 09 Dec 2022 09:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28165

Actions (login required)

View Item View Item