Sidebang, Febriyola Lorenza (2021) EVALUASI PERBANDINGAN BIAYA DAN EMISI MODA TRANSPORTASI KERETA API DAN MOBIL PRIBADI. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Febriyola Lorenza Sidebang)
170216699_Bab 0.pdf Download (594kB) | Preview |
|
|
Text
170216699_Bab 1.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
170216699_Bab 2.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
170216699_Bab 3.pdf Download (259kB) | Preview |
|
Text
170216699_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
||
Text
170216699_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
||
|
Text
170216699_Bab 6.pdf Download (252kB) | Preview |
Abstract
Pesatnya pertumbuhan jumlah penduduk di Indonesia saat ini mengakibatkan semakin banyaknya penggunaan moda transportasi saat ini. Pengoperasian moda transportasi tidak terlepas dari biaya operasional kendaraan yang dikeluarkan penyedia jasa/pemilik kendaraaan. Dalam penggunakan transportasi masyarakat lebih menginginkan transportasi lebih nyaman dan biaya relatif murah, dari kondisi ini dilakukan penelitian ini agar menjadi pertimbangan bagi masyarakat dalam memilih moda transportasi antara kereta api dan mobil pribadi yang paling baik berdasarkan biaya dan gas emisi yang dihasilkan. Data yang digunakan adalah data primer berdasarkan hasil wawancara harga kendaraan dan harga yang mendukung untuk perhitungan biaya operasional mobil pribadi, data sekunder antara lain jumlah penumpang, jarak tempuh penumpang, pendapatan dan subsidi pemerintah yang berasal dari Annual Report 2019 PT.KAI. Dari hasil penelitian, biaya operasional kendaraan kereta api sebesar Rp 277,776/pnp-km dan mobil pribadi adalah Rp 2.351,751/mobil-km. Perbandingan jarak tempuh berdasarkan biaya operasional kendaraan sebesar 1:38,472 (kilometer). Biaya konsumsi bahan bakar pada asumsi jarak 38,742 kilometer, kereta kereta sebesar Rp 1.824,89/penumpang, mobil pribadi dengan kapasitas penumpang 5 orang sebesar Rp 5.927,526/penumpang dan mobil pribadi dengan kapasitas penumpang 8 orang sebesar Rp 3.704,704/penumpang. Nilai emisi pada asumsi jarak 38,742 kilometer, kereta api nilai emisi sebesar 310,182 kilogram dan mobil pribadi sebesar 8,865 kilogram. Jika emisi yang dihasilkan dibagi pada jumlah penumpang yang diangkut maka diperoleh emisi kereta api lebih besar dari mobil pribadi dan lebih ramah lingkungan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Biaya, emisi, kereta api, mobil pribadi. |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 04 Jan 2023 11:37 |
Last Modified: | 04 Jan 2023 11:37 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28187 |
Actions (login required)
View Item |