IDENTIFIKASI DAERAH RAWAN KECELAKAAN DI KOTA KOTAMOBAGU SULAWESI UTARA

Rumopa, Chardio Martin (2021) IDENTIFIKASI DAERAH RAWAN KECELAKAAN DI KOTA KOTAMOBAGU SULAWESI UTARA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Chardio Martin Rumopa)
160216435_Bab 0.pdf

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160216435_Bab 1.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160216435_Bab 2.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160216435_Bab 3.pdf

Download (648kB) | Preview
[img] Text
160216435_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text
160216435_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
160216435_Bab 6.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

Data kecelakaan lalu lintas di Kota Kotamobagu dari tahun 2017 sampai dengan September 2020 ada kecenderungan terjadi penurunan peristiwa kecelakaan, namun dari data kecelakakaan tersebut angka Case Fatality Rate (CFR) di Kota Kotamobagu cenderung meningkat dan melebihi target (CFR) yang ditetapkan dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2013 tentang Program Dekade Aksi Keselamatan Jalan 2011-2020. Tujuan dari penelitian ini menentukan daerah rawan kecelakaan, mengetahui kondisi dan kekurangan fasilitas, dan mengusulkan rekomendasi upaya penanganan pada ruas jalan rawan kecelakaan. Penelitian ini menggunakan data ruas jalan nasional, jalan provinsi, dan jalan kota di dapatkan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Kotamobagu dan data kecelakaan lalu lintas dari tahun 2017 sampai dengan September tahun 2020 dalam penelitian ini didapatkan dari Satuan Lalu Lintas Kota Kotamobagu yang dianalisis dengan menggunakan metode AEK (Angka Ekivalen Kecelakaan) dengan motode UCL (Upper Control Limit) dan BKA (Batas Kontrol Atas) sebagai control-chart dalam menentukan daerah rawan kecelakaan. Hasil dari penelitian ini dengan data kecelakaan tahun 2017 sampai dengan September tahun 2020 didapatkan 9 (sembilan) ruas jalan lokasi rawan kecelakaan yang sering terjadi kecelakaan setiap tahunnya dengan jumlah AEK (Angka Ekivalen Kecelakaan) > nilai UCL (Upper Control Limit) dan BKA (Batas Kontrol Atas). Hasil observasi dari kondisi dan kekurangan fasilitas pada daerah rawan kecelakaan berupa : jalan berlubang dan retak, belum memiliki marka jalan, belum memiliki rambu-rambu lalu lintas, cermin tikungan yang tidak terawat, tidak ada zebra cross, jalan sempit, dan belum ada atau kurangnya penerangan jalan. Berdasarkan hasil analisis data daerah rawan kecelakaan 3 (tiga) rangking teratas dalam usulan rekomendasi upaya penanganan pada lokasi rawan kecelakaan di Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara yaitu : Jalan Pande Bulan, Jalan Baru Motoboi Besar, dan Jalan Arief Rahman Hakim.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Daerah rawan kecelakaan, AEK (Angka Ekivalen Kecelakaan), UCL (Upper Control Limit), BKA (Batas Kontrol Atas).
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 06 Jan 2023 11:30
Last Modified: 06 Jan 2023 11:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28209

Actions (login required)

View Item View Item