STRATEGI PENETAPAN HARGA JUAL PADA MINUMAN KOPI INDUSTRI KAFE (Studi kasus pada industri kafe yang berlokasi di Kecamatan Temanggung)

Budiono, Steven Agustian (2022) STRATEGI PENETAPAN HARGA JUAL PADA MINUMAN KOPI INDUSTRI KAFE (Studi kasus pada industri kafe yang berlokasi di Kecamatan Temanggung). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Steven Agustian Budiono)
160422538 0.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160422538 1.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160422538 2.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text
160422538 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
160422538 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (984kB)
[img]
Preview
Text
160422538 5.pdf

Download (492kB) | Preview

Abstract

Salah satu kegiatan yang menjadi kegemaran pada semua kalangan, ialah “ngopi”. Kegiatan ini sangat digemari baik dari kalangan muda sampai dengan kalangan lanjut usia. Pertumbuhan industri kafe dapat dilihat dengan semakin mudahnya kafe-kafe dijumpai pada sepanjang jalanan. Salah satu aspek berarti yang dicermati industri kafe dalam memasarkan produknya ialah aspek pemakaian strategi penetapan harga jual. Apabila terdapat kesalahan dalam melaksanakan strategi penetapan harga jual maka suatu perusahaan akan menghadapi kerugian sehingga industri tidak bisa mencapai target atau bahkan tidak bias menghasilkan laba.Tidak hanya itu, dalam menetapkan harga jual butuh dilihat kesesuaian harga dengan harga milik pesaing, oleh karena itu industri diwajibkan untuk menetapkan harga jual yang tidak terlampau jauh di bawah dan tidak terlampau jauh di atas atau sama dengan harga pesaing. Begitu pula dengan industri kafe, penetapan harga jual akan memiliki perbedaan antara yang satu dengan yang lainnya karena industri kafe mempunyai perkara, persoalan, serta permasalahan yang berbeda-beda. Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan pada pemilik (owner) maupun manajer dari kafe yang berlokasikan di Kecamatan Temanggung ditemukan bahwa strategi penetapan harga yang paling banya digunakan ialah berdasarkan biaya dan penetapan harga jual yang berbeda-beda pada minuman kopi yang memiliki varian kopi yang berbeda. Strategi penetapan harga jual yang cukup banyak digunakan yakni dengan paketan/bundle, berdasarkan persaingan, harga jual yang tinggi terhadap produk yang bersifat signature, dan harga jual promo. Strategi penetapan harga jual yang kurang banyak digunakan ialah harga jual awal yang rendah untuk produk minuman kopi yang baru. Strategi penetapan harga jual yang tidak banyak digunakan yaitu harga jual yang tinggi untuk minuman kopi yang baru harga jual dengan harga yang ganjil.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Penetapan Harga Jual, Industri Kopi, Minuman Kopi, Ngopi, Kecamatan Temanggung
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 09 Jan 2023 12:13
Last Modified: 09 Jan 2023 12:13
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28221

Actions (login required)

View Item View Item