PERAN PENYIDIK BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROVINSI KALIMANTAN BARAT DALAM PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG DARI ALIRAN NARKOTIKA

Skolastika, Ilova Joya (2022) PERAN PENYIDIK BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROVINSI KALIMANTAN BARAT DALAM PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG DARI ALIRAN NARKOTIKA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Ilova Joya Skolastika)
180513068_Bab 0.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180513068_Bab 1.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text
180513068_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img]
Preview
Text
180513068_Bab 3.pdf

Download (278kB) | Preview

Abstract

Penulisan Hukum ini berjudul Peran Penyidik Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalimantan Barat Dalam Penegakan Hukum Tindak Pidana Pencucian Uang Dari Aliran Narkotika. Tujuan dari Penulisan Hukum ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji Peran Penyidik Badan Narkotika Provinsi Kalimantan Barat Dalam Penegakan Hukum Tindak Pidana Pencucian Uang Dari Aliran Narkotika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum empiris yang berfokus pada fenomena hukum empiris berdasarkan fakta-fakta sosial dalam masyarakat. Hasil penelitian yang didapatkan adalah berdasarkan hasil wawancara serta didukung oleh data dan studi kepustakaan, peran yang dialami penyidik Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalimantan Barat dalam penegakan hukum Tindak Pidana Pencucian Uang Dari Aliran Narkotika itu dapat dibedakan menjadi 5 (lima) faktor yaitu dari segi perundang-undangan, penegak hukum, sarana atau fasilitas, masyarakat dan kebudayaan. Saran yang diberikan adalah, perlunya revisi Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika serta Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang agar penegakan hukum menjadi optimal, adanya perwakilan PPATK di daerah dalam menunjang kepentingan penyidikan TPPU, perlunya fasilitas Ilmu Teknologi yang canggih bagi penyidik untuk dapat mengakses langsung database harta kekayaan di Badan Pertanahan Nasional serta di Penyedia Jasa Keuangan, serta sosialisasi kepada masyarakat umum mengenai Tindak Pidana Pencucian Uang Dari Aliran Narkotika.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peran, Penyidik, Penegakan Hukum, Pencucian Uang, Narkotika.
Subjects: Ilmu Hukum > Peradilan dan Penyelesaian Sengketa Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 24 Jan 2023 13:56
Last Modified: 24 Jan 2023 13:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28268

Actions (login required)

View Item View Item