PENGARUH DAYA TARIK IKLAN WIB TOKOPEDIA BULAN JANUARI 2022 DI YOUTUBE TERHADAP MINAT BELI MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UAJY

Putra, Rizki (2022) PENGARUH DAYA TARIK IKLAN WIB TOKOPEDIA BULAN JANUARI 2022 DI YOUTUBE TERHADAP MINAT BELI MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UAJY. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Rizki Putra)
180906649 0.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906649 1.pdf

Download (761kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906649 2.pdf

Download (520kB) | Preview
[img] Text
180906649 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[img]
Preview
Text
180906649 4.pdf

Download (586kB) | Preview

Abstract

Teknologi informasi dan komunikasi terus berkembang dari tahun ketahun. Membuat persaingan dalam ranah bisnis menjadi semakin ketat. Perusahaan bisnis harus memikirkan cara yang lebih pintar untuk memasarkan produk mereka agar dapat mampu bersaing dengan perusahaan lain. Pemasaran digital merupakan salah satu pemasaran yang cocok digunakan untuk mengiklankan suatu produk karena jangkauannya lebih luas dan dekat ke konsumen. Tokopedia sebagai salah satu perusahaan bisnis melakukan pemasaran digital melalui media sosial Youtube. Pemasaran digital dengan menggunakan media iklan dilakukan Tokopedia untuk menyebarkan informasi mengenai promo yang sedang dilakukan. Salah satu iklan mereka yang paling banyak mendapatkan jumlah penonton adalah iklan WIB Tokopedia bulan Januari 2022. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh daya tarik iklan WIB Tokopedia di Youtube terhadap minat beli pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi UAJY. Metodologi penelitian ini yaitu metode survey dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 97 Mahasiswa dan Mahasiswi Program Studi Ilmu Komunikasi UAJY sebagai responden kuesioner. Pengujian hipotesis ini menggunakan uji regresi linear sederhana dengan menggunakan IBM SPSS Statistics 26. Penelitian ini mendapatkan hasil nilai signifikansi (Sig) sebesar 0,000 dimana nilai tersebut < 0,05. Sehingga Ho dalam penelitian ini ditolak dan Ha diterima. Sehingga hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh daya tarik iklan WIB Tokopedia terhadap minat beli Mahasiswa Ilmu Komunikasi UAJY. Hasil koefisien regresi dalam penelitian ini memiliki nilai sebesar 0,637 yang menunjukkan tingkat keeratan atau hubungan antara variabel x dan variabel y dalam penelitian ini adalah kuat. Hasil koefisien determinasi dalam penelitian ini memiliki nilai sebesar 0,406 yang berarti variabel x memiliki pengaruh terhadap variabel y yaitu sebesar 40,6%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran, Daya Tarik Iklan, Minat Beli, Media Sosial
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 26 Jan 2023 13:14
Last Modified: 26 Jan 2023 13:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28309

Actions (login required)

View Item View Item