Perancangan Virtual Reality Pariwisata Di Kalimantan Tengah

Alvinika, Yohanes (2022) Perancangan Virtual Reality Pariwisata Di Kalimantan Tengah. S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Yohanes Alvinika)
205303283_Bab 0.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
205303283_Bab 1.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
205303283_Bab 2.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text
205303283_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB)
[img] Text
205303283_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)
[img] Text
205303283_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB)
[img]
Preview
Text
205303283_Bab 6.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

Sektor Pariwisata hingga saat ini masih menjadi sektor prioritas pemerintah karena dinilai mampu menjadi lokomotif pergerakan perekonomian bangsa. Pengelolaan sektor pariwisata pun terus dikembangkan oleh pemerintah, melalui berbagai kebijakan dilakukan pemerintah untuk membuat pariwisata Indonesia lebih maju dan dikenal di mata dunia. Memasuki akhir tahun 2019, dunia diguncang dengan pandemi Covid-19 hingga ini di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia yang sangat berdampak pada sector perekonomian negara di dunia dalam sektor pariwisata. Hadirnya teknologi Virtual Reality sebagai media baru, perancangan dan penggunaan video 360° diharapkan dapat memberi variasi promosi pariwisata Kalimantan Tengah. Tujuan penelitian ini merancang aplikasi mobile yang dapat menghasilkan Aplikasi Virtual Reality Pengenalan Tempat Wisata yang ada di Kalimantan Tengah. Video 360° berfokus pada pengalaman buatan yang dapat dirasakan oleh penonton, hal tersebut menjadi alasan mengapa pembuatan video ini adalah sebuah kebaruan bagi promosi pariwisata Kalimantan Tengah. Penulis menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) untuk mengembangkan desain sesuai dengan kebutuhan pengguna. Sebanyak 205 responden secara sukarela berpartisipasi dalam survei ini dengan mengisi kuesioner menggunakan Google form yang disebarkan kepada mereka melalui media social. Hasilnya menjelaskan bahwa 88% responden menyetujui pengembangan prototipe ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengguna tertarik untuk melihat implementasi pengembangan aplikasi mobile Virtual Reality yang akan memberikan mereka informasi Sektor Pariwisata yang ada di kalimantan Tengah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pariwisata, Covid-19, Aplikasi mobile, Virtual Reality
Subjects: Magister Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 02 Feb 2023 12:51
Last Modified: 02 Feb 2023 13:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28353

Actions (login required)

View Item View Item