PERANCANGAN APLIKASI MOBILE PENGENALAN WISATA BUDAYA KABUPATEN SIKKA DENGAN PENDEKATAN GAMIFICATION

Piran, Gerfasius Take (2022) PERANCANGAN APLIKASI MOBILE PENGENALAN WISATA BUDAYA KABUPATEN SIKKA DENGAN PENDEKATAN GAMIFICATION. S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Gerfasius Take Piran)
215311570_Bab 0.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
215311570_Bab 1.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
215311570_Bab 2.pdf

Download (159kB) | Preview
[img] Text
215311570_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
215311570_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
215311570_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
215311570_Bab 6.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

Teknologi digital dan platform online telah merevolusi sektor pariwisata dan membuka jalan baru untuk harapan dan pengalaman pengunjung. Di Indonesia, pariwisata merupakan salah satu sektor ekonomi yang sangat penting, karena dapat menghasilkan keuntungan bagi pengelola dan pemerintah daerah yang memiliki tempat wisata, salah satunya adalah Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Tulisan ini menjelaskan bagaimana upaya peneliti melakukan hilirisasi penelitian melalui promosi wisata budaya dengan pendekatan gamifikasi. Metode gamifikasi terbukti mampu memberikan pengetahuan dan pengalaman eksplorasi wisata budaya dalam bentuk aplikasi mobile berbasis android. Rancangan aplikasi yang diusulkan terdiri dari mekanika permainan dan dinamika permainan yang dapat memfasilitasi destinasi dalam dan luar negeri untuk mendapatkan informasi dan halaman perjalanan untuk menjelajahi beberapa tempat wisata seperti, perkampungan Wuring, perkampungan Dobo, kampung Nuabari, Beliran Sina, dan kampung Dokar. Hasil pengujian prototype aplikasi yang telah dihasilkan penulis menunjukkan kepuasan 85% pengguna sangat setuju dengan prototype aplikasi yang diusulkan

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Teknologi Mobile, Gamification, Pariwisata Budaya
Subjects: Magister Teknik Informatika > Mobile Computing
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 03 Feb 2023 10:03
Last Modified: 03 Feb 2023 10:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28360

Actions (login required)

View Item View Item