PERANCANGAN ARSITEKTUR ENTERPRISE MENGGUNAKAN FRAMEWORK TOGAF-ADM UNTUK MENDUKUNG SISTEM INFORMASI AKADEMIK PADA UNIVERSITAS NUSA NIPA

Darkel, Yohanes Brekmans M (2022) PERANCANGAN ARSITEKTUR ENTERPRISE MENGGUNAKAN FRAMEWORK TOGAF-ADM UNTUK MENDUKUNG SISTEM INFORMASI AKADEMIK PADA UNIVERSITAS NUSA NIPA. S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Yohanes Brekmans M Darkel)
215311573_Bab 0.pdf

Download (884kB) | Preview
[img]
Preview
Text
215311573_Bab 1.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
215311573_Bab 2.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text
215311573_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img] Text
215311573_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[img] Text
215311573_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
215311573_Bab 6.pdf

Download (517kB) | Preview

Abstract

Perguruan tinggi merupakan sebuah institusi yang menyelengarakan pendidikan sangat membutuhkan dukungan teknologi informasi. Perkembangan teknologi informasi menuntut perguruan tinggi mengelola potensi sumberdaya dengan teknologi informasi secara efektif dan efisien untuk menghadapi persaingan. Pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) dalam tata kelola Perguruan Tinggi khususnya sistem informasi akademik di Universitas Nusa Nipa belum memiliki arsitektur yang terstruktur. Infrastruktur TI saat ini dirasakan tidak cukup baik dalam menjawab solusi atas perubahan bisnis dan aplikasi secara cepat dan tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun model arsitektur dan membuat roadmap implementasi yang dapat digunakan untuk mempermudah proses pengembangan arsitektur sistem informasi. Bentuk penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah menggunakan studi kasus dengan objek penelitian pada Universitas Nusa Nipa. Perancangan pada penelitian ini menggunakan model TOGAF yang dibagi menjadi tiga tahapan yaitu tahapan analisis kondisi awal organisasi yang dimulai dari fase preliminary requirement management, arsitektur visi, arsitektur bisnis, Tahapan kedua kedua adalah perancangan arsitektur enterprise dimulai dari fase arsitektur sistem informasi dan fase arsitektur teknologi. Bagian ketiga adalah rekomendasi implementasi arsitektur enterprise yang dimulai dari fase opportunities and solutions, migration planning dan change management. Hasil penelitian ini adalah IT blueprint untuk setiap tahapan arsitektur berdasarkan framework TOGAF-ADM untuk proses bisnis sistem informasi penerimaan mahasiswa baru, proses akademik, alumni, dan perpustakaan pada Universitas Nusa Nipa. Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat menghasilkan suatu rekomendasi rancangan sistem informasi yang dibutuhkan untuk mendukung strategi bisnis sistem informasi pada Universitas Nusa Nipa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: TOGAF-ADM, enterprise architecture, IT Blueprint, sistem informasi akademik
Subjects: Magister Teknik Informatika > Inovation of Computational Science
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 03 Feb 2023 10:16
Last Modified: 03 Feb 2023 10:16
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28362

Actions (login required)

View Item View Item