HASHIAN, RASHMA CUTAMA (2022) IMITASI FASHION BERBASIS K-DRAMA OLEH MAHASISWI PENGGEMAR K-DRAMA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (RASHMA CUTAMA HASHIAN)
181006784 0.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
181006784 1.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
181006784 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
181006784 3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text
181006784 4.pdf Download (322kB) | Preview |
Abstract
Hadirnya Korean Wave saat ini menjadi salah satu hiburan bagi masyarakat khususnya generasi muda di Indonesia. K-drama merupakan salah satu hiburan dari Negara Korea yang mampu bersaing dengan hiburan Korea lainnya. Keberadaannya saat ini menjadi sebuah tren yang kembali dan berhasil menarik minat mahasiswi sebagai penggemarnya. Selain menjadi hiburan, k-drama juga mampu membuat penggemarnya menunjukkan perilaku imitasi fashion melalui tayangan media. Sehingga terdapat hal-hal yang dijadikan sumber imitasi fashion melalui k-drama dan cara melakukan imitasi fashion k-drama oleh penggemar. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif, dengan purposive sampling untuk menentukan informan. Penggemar k-drama yang didominasi oleh generasi muda dan kaum wanita di Indonesia menjadi salah satu faktor untuk menentukan kelompok mahasiswi sebagai informan dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hal yang dijadikan sumber dalam melakukan imitasi fashion dan mengetahui bagaimana cara yang dilakukan untuk mengimitasi fashion melalui k-drama. Metode pengumpulan data yang digunakan penelitian ini yaitu observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan konsep imitasi Teori Proses Belajar Sosial oleh Albert Bandura, serta didukung dengan konsep fashion George Simmel (1957) dan berfokus kepada imitasi cara gaya berpakaian oleh Gerungan (2010) dalam Putri (2018). Hasil yang ditemukan pada penelitian ini terdapat hal yang dijadikan sumber imitasi fashion k-drama yaitu pakaian ala Korean style, looks make-up natural dan variasi styling rambut. Selain itu, ditemukan hasil penelitian pada cara mahasiswi melakukan imitasi fashion melalui k-drama yaitu terdapat mix & match pakaian lokal berdasarkan tampilan dalam k-drama dan make-up ala k-drama. Serta ditemukan hal baru dalam cara mengimitasi fashion melalui k-drama, adanya mengimitasi perilaku konsumsi produk kecantikan dari kdrama. Dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian ini terdapat perbedaan antara imitasi pakaian dan imitasi kecantikan fisik oleh mahasiswi penggemar k-drama.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | K-drama, imitasi, fashion |
Subjects: | Sosiologi > Business |
Divisions: | Fakultas ISIP > Sosiologi |
Depositing User: | Editor 6 uajy |
Date Deposited: | 03 Feb 2023 10:39 |
Last Modified: | 03 Feb 2023 10:39 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28363 |
Actions (login required)
View Item |