STRATEGI PEMASARAN CARANI COFFEE SLEMAN DALAM MENANGGAPI GAYA HIDUP KONSUMSI KOPI

WINASPUTRI, ANGGIT ANAKEKO ASABIAH (2022) STRATEGI PEMASARAN CARANI COFFEE SLEMAN DALAM MENANGGAPI GAYA HIDUP KONSUMSI KOPI. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANGGIT ANAKEKO ASABIAH WINASPUTRI)
181006774 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
181006774 1.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181006774 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
181006774 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img]
Preview
Text
181006774 4.pdf

Download (414kB) | Preview

Abstract

Coffee shop adalah tempat yang menyediakan berbagai jenis kopi, minuman dan juga makanan yang dibalut dengan suasana yang nyaman disertai alunan musik atau pun live music, pelayanan yang ramah, dan menyediakan koneksi internet secara gratis untuk setiap pengunjungnya. Sejak akhir era 1990-an, kopi mulai kembali dinikmati, hal ini ditandai dengan banyaknya coffee shop, yang dulunya terkenal dengan konsep toko kopi yang hanya menjual kopi kini mengalami perluasan makna. Coffee shop kini selain menjual kopi juga menjual suasana. Maraknya kemunculan coffee shop saat ini tidak terlepas dari pengaruh gaya hidup kota besar yang menyuguhkan banyak kesenangan bagi para pencari hiburan dan menjadi tempat “nongkrong” favorit. Salah satunya adalah Carani Coffee yang terletak di Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mengetahui latar belakang bisnis coffee shop Carani serta mengkaji dan mengetahui strategi pemasaran dalam menanggapi gaya hidup konsumsi di coffee shop Carani. Metodologi penelitian ini yaitu metode field research dan jenis penelitian yang diguanakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode pengempulan data dengan observasi dan wawancara melalui staff dan owner serta pengunjung Carani Coffee. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa Carani coffee berdiri pada tahun 2022 yang didirikan oleh Muhammad Irfan dengan memanfaatkan lahan kosong milik ayahnya. Dalam upaya menjalankan bisnisnya Carani Coffee memiliki strategi pemasaran dalam menanggapi gaya hidup konsumsi di coffee shop, dengan melalui 4 komponen penting yaitu aktivitas pelanggan dan staff, ketertarikan, opini. Sedangkan dalam menerapan strategi pemasaran relationship marketing Carani Coffee terdiri dari empat komponen yaitu trust, commitment, communication, conflict handling. Hasil dari penemuan penelitian ini yang dianalisis melalui teori interaksi terdapat pertukaran individu melalui adanya hubungan timbal balik antar individu yang saling membutuhkan, sedangkan dalam teori pertukaran sosial terjadinya sebuah bentuk interaksi sosial yang diwujudkan dalam sebuah hubungan timbal balik dalam penerapan strategi pemasaran relationship marketing.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Coffee Shop, Gaya Hidup, Strategi Pemasaran, Konsumsi, Relationship Marketing
Subjects: Sosiologi > Business
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 08 Feb 2023 09:43
Last Modified: 08 Feb 2023 09:43
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28398

Actions (login required)

View Item View Item