ANALISIS KARAKTERISTIK PENGGUNA ANGKUTAN ONLINE DI KOTA PALEMBANG PADA MASA PANDEMI COVID-19

Mentari, Yunita and Basuki, Imam (2021) ANALISIS KARAKTERISTIK PENGGUNA ANGKUTAN ONLINE DI KOTA PALEMBANG PADA MASA PANDEMI COVID-19. In: PROSIDING KONFERENSI NASIONAL TEKNIK SIPIL 15(KoNTekS 15). Unika Soegijapranata, Semarang. ISBN 978-623-7635-91-8

[img]
Preview
Text (Yunita Mentari dan Imam Basuki)
KONTEKS 15-YUNITA MENTARI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Palembang merupakan Ibukota Provinsi Sumatera Selatan yang memiliki luas wilayah 400,61 Km2, dengan jumlah penduduk pada tahun 2019 sekitar 1.662.893 jiwa dan jika dibandingkan dari tahun sebelumnya yaitu 2018 ke dapat diketahui bahwa terjadinya kenaikan laju pertumbuhan penduduk Kota Palembang sebesar 1,18% yang tersebar di 18 Kecamatan (BPS Kota Palembang, 2021). Sebanding dengan pertumbuhan penduduk yang ada, turut mempengaruhi jumlah pergerakan masyarakat serta angkutan transportasi yang dipergunakan dalam pemenuhan pergerakan tersebut. Adapun jenis angkutan online yang saat ini beroperasi di Kota Palembang antara lain Gojek, Grab, Maxim. Dalam pengendalian pergerakan masa Covid-19 dan sebagai pesaing dari angkutan umum maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakteristik dari pengguna jasa angkutan online di Kota Palembang dalam masa pandemi Covid-19 serta mengidentifikasi bagaimana pola hubungan antara dua variabel karakteristik yang ada sebagai alasan pengguna memilih angkutan online tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Hasil dari analisa desktiptif mengindikasikan konsumen terbanyak berada di Kecamatan Sukarami (11%), usia dominan konsumen yaitu 21-30 Tahun(25%), profesi konsumen terbanyak yaitu karyawan swasta (40%), pendapatan per bulan konsumen sebesar 2,5-3,9 juta (32%), tingkat pendidikan konsumen yaitu D4/S1 (23%), jasa angkutan online yang banyak digunakan yaitu Gojek (44%) dengan tujuan konsumen untuk pemesanan makanan (37%), moda transportasi yang sering digunakan konsumen sebelumnya yaitu sepeda motor (27%) dan alasan konsumen beralih menggunakan angkutan online adalah praktis (27%). Gojek merupakan aplikasi yang paling didominasi konsumen angkutan online karena memiliki kelebihan dibanding dua pesaingnya.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: angkutan online, karakteristik, konsumen, gojek, covid-19
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 08 Feb 2023 14:25
Last Modified: 08 Feb 2023 14:25
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28411

Actions (login required)

View Item View Item