STRATEGI RESPON KRISIS PENANGANAN KELUHAN KONSUMEN RAJAWALI INDONESIA (Studi Kasus Pada Penundaan Event Prambanan Jazz Virtual Festival 2021)

MARTINA, . (2022) STRATEGI RESPON KRISIS PENANGANAN KELUHAN KONSUMEN RAJAWALI INDONESIA (Studi Kasus Pada Penundaan Event Prambanan Jazz Virtual Festival 2021). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MARTINA)
18 090 6532 0.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18 090 6532 1.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18 090 6532 2.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text
18 090 6532 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
18 090 6532 4.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berfokus pada komunikasi respon krisis dalam menangani krisis keluhan konsumen Rajawali Indonesia pada penundaan event Prambanan Jazz Virtual Festival 2021. Terdapat dua tujuan dari penelitian ini, yaitu pertama mendeskripsikan tema pesan yang disampaikan Rajawali Indonesia dalam berbagai macam tulisan di media (press release, artikel berita, maupun tulisan yang dimuat di media sosial Instagram, website, dan WhatsApp). Kedua, mengidentifikasi strategi respon krisis yang digunakan Rajawali Indonesia dalam mengatasi krisis penundaan event dilihat dari pendekatan komunikasi yang dilakukan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus dengan narasumber Rajawali Indonesia. Hasil penelitian ini adalah terdapat tiga jenis strategi respon krisis yang digunakan perusahaan dalam menghadapi krisis yaitu distance strategies, mortification strategies, dan suffering strategies. Ketiga strategi ini digunakan Rajawali Indonesia dalam menyampaikan pesan kepada para penonton dalam bentuk press release, WhatsApp, direct message Instagram, dan kolom komentar Instagram. Penyampaian strategi respon krisis ini didukung oleh tiga nada pesan yaitu real, empati, dan informatif. Penggunaan nada pesan ini dilakukan untuk mendukung penyampaian pesan yang optimal sehingga dapat diterima dengan baik oleh para penont

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Krisis, Komunikasi Krisis, Strategi Respon Krisis
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 20 Feb 2023 13:52
Last Modified: 20 Feb 2023 13:52
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28482

Actions (login required)

View Item View Item