USULAN PERBAIKAN SISTEM KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA DI UD CANTENAN

DIOVINA, FRANSISKA (2023) USULAN PERBAIKAN SISTEM KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA DI UD CANTENAN. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (FRANSISKA DIOVINA)
15 06 08513 0.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 06 08513 1.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 06 08513 2.pdf

Download (711kB) | Preview
[img] Text
15 06 08513 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (980kB)
[img] Text
15 06 08513 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text
15 06 08513 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
15 06 08513 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img]
Preview
Text
15 06 08513 7.pdf

Download (544kB) | Preview

Abstract

UD Cantenan merupakan sebuah Usaha Dagang yang bergerak dalam bidang industri Cor Aluminium , Usaha dagang ini termasuk dalam kategori Usaha Kecil Menengah. Penelitian dilakukan pada lantai produksi dimana terdapat 4 Stasiun Kerja, yaitu stasiun kerja bahan baku, stasiun kerja percetakan, stasiun kerja machining dan Stasiun kerja Percetakan. Masing-masing stasiun kerja ini memiliki potensi bahayanya masing-masing. Beberapa kali kejadian kecelakaan kerja terjadi di UD Cantenan, kecelakaan kerja yang terjadi tentu saja mengganggu atau menghambat proses produksi, kecelakaan kerja yang pernah terjadi yaitu dari tingkat kecelakaan rendah/ringan, sedang sampai dengan tinggi. Hal ini dapat terjadi karena perusahaan belum mampu mendeteksi semua potensi bahaya kecelakaan kerja yang dapat terjadi di area perusahaan. Dalam mendeteksi semua potensi bahaya kecelakaan kerja perlu adanya teknik Hazard Identification, Risk Assessment and Risk Control (HIRARC) untuk memberikan pengendalian pada setiap bahaya dalam suatu pekerjaan dengan menghitung score Risk Rating. Penilaian risiko menggunakan metode semi kuantitatif dengan menggunakan risk matrix yang menyatakan skala/tingkat risiko yang dimiliki setiap langkah pekerjaan meliputi level extreme risk, high risk, moderate risk, dan low risk. Kemudian menggunakan metode Fault Tree Analysis untuk mengetahui basic event atau akar permasalahan dari potensi bahaya tersebut. Usulan/rekomendasi yang diberikan untuk pengendalian setiap potensi risiko mengikuti hierarki pengendalian risiko. Pada Penelitian ini tidak ada Usulan perbaikan dengan metode Eliminasi dan Metode Subsitusi, Metode berupa teknik Pada pengendalian teknik engineering control dilakukan dengan cara memberikan usulan berupa pemberian pembatas dan tempat scrap pada mesin rajin melakukan perawatan mesin secara rutin dan berkala . Pada Metode administrative control dilakukan dengan Memberikan aturan penggunaan wajib APD, memberikan pelatihan secara rutin mengenai prosedur kerja aman atau Standard Operational Procedure (SOP) dan memberikan himbauan berupa poster yang berisi tentang melakukan pekerjaan dalam keadaan yang selamat dan sehat. Teknik Pengendalian terakhir yaitu Alat Pelindung Diri (APD) dilakukan dengan memberikan usulan penggunaan APD sesuai risiko yang ada . Kemudian untuk membeli perlengkapan APD dan menyediakan stok APD dengan cukup. Serta menjaga kebersihan APD. Usulan pengendalian bahaya ini akan digunakan untuk perbaiakan program kesehatan dan keselamatan kerja untuk pemilik perusahaan demi kepentingan pekerja dan juga peningkatan produktifitas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keselamatan dan Kesehatan Kerja,Hazard Identification Risk Assessment and Risk Control (HIRARC) dan Fault Tree Analysis (FTA)
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Feb 2023 09:43
Last Modified: 24 Feb 2023 09:43
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28525

Actions (login required)

View Item View Item