Bumi, Ignasia Talenta (2023) USULAN PERBAIKAN SISTEM PELAYANAN DI DIGITAL PRINTING XYZ. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Ignasia Talenta Bumi)
18 06 09772 0.pdf Download (579kB) | Preview |
|
|
Text
18 06 09772 1.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
18 06 09772 2.pdf Download (800kB) | Preview |
|
Text
18 06 09772 3.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) |
||
Text
18 06 09772 4.pdf Restricted to Registered users only Download (734kB) |
||
Text
18 06 09772 5.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
18 06 09772 6.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
18 06 09772 7.pdf Download (727kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang terjadi pada Digital Printing XYZ adalah terdapat keluhankeluhan pelanggan mengenai ketidaksesuaian pesanan yang diberikan yaitu waktu penyelesaian produk tidak tepat waktu dan spesifikasi produk yang tidak sesuai dengan keinginan pelanggan, serta adanya produk cacat dan perbedaan harga produk yang tertera dengan harga akhir yang disebabkan karena kurangnya koordinasi antar karyawan. Informasi tersebut didapatkan berdasarkan wawancara dengan pemilik, HRD, dan juga karyawan customer service. Terdapat beberapa perbedaan pendapat yang didapatkan berdasarkan diskusi yang dilakukan terkait solusi masalah ketidaksesuaian pesanan. HRD menanggapi dengan pendapat untuk memberikan informasi secara visual, namun pemilik Digital Printing XYZ hanya menginginkan hal tersebut disampaikan secara lisan oleh setiap karyawan kepada konsumen. Voice of customer berupa data keluhan didapatkan dari google review dan survei lapangan. Berdasarkan permasalahan yang ada, kemudian dirancang beberapa usulan perbaikan. Metode yang digunakan adalah metode TRIZ dan didapatkan 5 general solution yang membantu perancangan specific solution yaitu: 1) preliminary action dengan usulan perbaikan berupa pembuatan dokumen checklist pesanan untuk karyawan, dokumen jaminan produk untuk pelanggan, dan juga poster order announcement, 2) periodic action dengan usulan perbaikan berupa pembuatan dokumen pelatihan, 3) parameter changes dengan usulan perbaikan berupa pembuatan poster informasi pengubahan platform pemberian review yang ditujukan bagi pelanggan, 4) spheriodality-curvatur dengan usulan perbaikan berupa pembuatan service blueprint, dan 5) strong oxidants dengan usulan perbaikan berupa pembuatan poster alur informasi yang ditujukan kepada pelanggan. Implementasi dilakukan selama 1 minggu yaitu 6 hari kerja pada usulan pengubahan platform pemberian review. Selama 1 minggu uji coba terdapat 4 konsumen yang memberikan review pelayanan melalui sosial media Instagram dengan respon kalimat positif. Usulan perbaikan yang belum diimplementasikan mendapatkan feedback dan saran pengembangan oleh Digital Printing XYZ
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TRIZ, ketidaksesuaian pesanan, preliminary action, periodic action, spheriodality curvature, parameter changes, strong oxidants. |
Subjects: | Teknik Industri > Sistem Kerja |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 08:55 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 08:55 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28546 |
Actions (login required)
View Item |