IMPLEMENTASI PLACE BRANDING YANG MENGINTEGRASIKAN DESTINASI DAN UMKM DI DESA WISATA TINALAH

Murti, Desideria Cempaka Wijaya and Handoko, V. Sundari and Wijaya, Antonius Bima Murti and Emerald, Gabriel (2022) IMPLEMENTASI PLACE BRANDING YANG MENGINTEGRASIKAN DESTINASI DAN UMKM DI DESA WISATA TINALAH. In: Konferensi Media Digital (KOMEDI) 2022 : Smart Society 5.0, 26-27 Oktober 2022, Surabaya.

[img]
Preview
Text (Desideria Cempaka Wijaya Murti¹, Victoria Sundari Handoko², Antonius Bima Murti Wijaya3 Gabriel Emerald4)
C.12.COMBINE.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Pandemi COVID-19 membawa dampak bagi para UMKM khususnya di Desa Wisata. Penelitian ini menggunakan pendekatan partisipatif untuk melihat penerapan place brand pada suatu lokasi wisata yang diintegrasikan dengan UMKM di sekelilingnya. Pendekatan teoritis menggunakan konsep dalam place branding dan bisnis pariwisata berbasis komunitas. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan melibatkan partisipasi pengelola desa wisata dan UMKM secara aktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan pra dan paska produksi. Pra produksi, penelitian ini menggunakan Focus Group Discussion (FGD) untuk mengidentifikasi place brand identity yang diinginkan sesuai dengan identitas pemilik UMKM yang dibagi menjadi identitas orang, tempat, dan produk. Ini kemudian diintegrasikan dengan diskusi pengelola mengenai pemanfaatan teknologi kasir online atau Point of Sales dan bagaimana bisnis di desa bisa menggunakan asas keadilan dan transparansi. Paska produksi, penelitian ini berfokus pada proses, keterbatasan, dan manfaat dari pendekatan yang lebih bersifat partisipatif semacam ini, dimana masyarakat, peneliti, dan desainer brand bekerja bersama menghasilkan place brand yang terintegrasi antara pariwisata dan UMKM. Selain itu, pemanfaatan kasir online juga diujicobakan untuk melihat manfaat dan keterbatasannya dalam konteks keadilan, transparansi, dan semangat penyatuan place branding. Penelitian ini mengkaji mengenai bagaimana implementasi place brand identity bila sifat dari metodenya lebih partisipatif dan reflektif. Metode ini menghasilkan data yang lebih kaya dan proses kerja bersama untuk menghasilkan solusi bagi para pemilik UMKM lebih merasa diberdayakan daripada disuguhi saja dengan suatu Brand yang sudah jadi tanpa melibatkan identitas tempat, orang, dan produknya. Implikasi dari penelitian ini adalah proyek ini mampu memberikan model pendekatan place branding yang mengintegrasikan antara destinasi dengan UMKM lokal terutama dalam konteks usaha berbasis masyaraka

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: UMKM, Place Branding, Pariwisata Berbasis Komunitas, Desa Wisata, Teknologi Kasir Online
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 27 Feb 2023 10:45
Last Modified: 27 Feb 2023 10:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28558

Actions (login required)

View Item View Item