MAYUN, ANAK AGUNG AYU SLOKA PUTRI (2023) MANAJEMEN IMPRESI 2 SELEBGRAM PEREMPUAN PEGIAT KESEHATAN MENTAL MELALUI INSTAGRAM. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (ANAK AGUNG AYU SLOKA PUTRI MAYUN)
16 100 6135 0.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text
16 100 6135 1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
16 100 6135 2.pdf Restricted to Registered users only Download (671kB) |
||
Text
16 100 6135 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
16 100 6135 4.pdf Download (331kB) | Preview |
Abstract
Manajemen impresi merupakan suatu praktik verbal dan nonverbal yang diterapkan masing-masing individu sebagai upaya menunjukkan citra diri sehingga dapat diterima orang lain. Dengan begitu, manajemen impresi tersebut dapat terjadi dalam dua situasi, yaitu ketika individu sedang berada dengan dirinya sendiri atau dengan kata lain individu di belakang layar (backstage), dan ketika individu ingin menunjukkan tampilan depan sebagai alat ekspresif dari jenis standar yang sengaja ataupun tidak disengaja digunakan oleh individu selama berpenampilan (front stage). Manajemen impresi digunakan sebagai konsep dalam penelitian ini, yang akan dijelaskan dalam dua bagian, yaitu backstage dan front stage dengan rumusan masalah bagaimana 2 (dua) selebgram membangun manajamen impresi melalui Instagram dalam membagikan informasi mengenai kesehatan mental. Kedua selebgram tersebut adalah Gayatri Hutami Putri (@gayaaatri) dan Chika Aulia (@cikaulia) sebagai selebgram perempuan pegiat isu kesehatan mental. Pada bagian backstage konsep yang dipaparkan adalah impression management, yang dibagi menjadi dua unsur yaitu impression motivation dan impression construction. Kemudian front stage menjadi konsep yang berhubungan dengan Instagram, dimana media sosial tersebut digunakan sebagai medium mengkampanyekan atau penyampai pesan, media sosial sebagai medium presentasi diri, dan manajemen impresi itu sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan naratif yang dilakukan melalui wawancara dengan kedua selebgram sebagai subjek penelitian dengan tujuan untuk menganalisis proses manajemen impresi yang dilaksanakan oleh 2 (dua) selebgram dalam hal membagikan informasi terkait kesehatan mental melalui instagram kepada pengikutnya. Hasil temuan menunjukkan bahwa keduanya memiliki kesamaan dan perbedaan dalam proses manajemen impresi dimana akhirnya Gayatri Hutami Putri memang mengakui dirinya sebagai selebgram pegiat kesehatan mental yang memberikan informasi dengan memanfaatkan fitur Instagram, sedangkan Chika Aulia sebenarnya tidak menginginkan dirinya menjadi selebgram sehingga tidak fokus pada Instagram, namun pengikutnya yang mengakui dirinya sebagai selebgra
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen impresi, Instagram, Backstage, Frontstage |
Subjects: | Sosiologi > Media |
Divisions: | Fakultas ISIP > Sosiologi |
Depositing User: | Editor 6 uajy |
Date Deposited: | 01 Mar 2023 11:48 |
Last Modified: | 01 Mar 2023 11:48 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28603 |
Actions (login required)
View Item |