PROSES KERJASAMA DALAM PENCAPAIAN EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM PEDULI GOES TO SCHOOL YAYASAN SATUNAMA DI SMPN 2 GAMPING SLEMAN D.I. YOGYAKARTA

Marjun, Reinald David Tharcy (2023) PROSES KERJASAMA DALAM PENCAPAIAN EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM PEDULI GOES TO SCHOOL YAYASAN SATUNAMA DI SMPN 2 GAMPING SLEMAN D.I. YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Reinald David Tharcy Marjun)
161006096 0.pdf

Download (948kB) | Preview
[img]
Preview
Text
161006096 1.pdf

Download (713kB) | Preview
[img] Text
161006096 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)
[img] Text
161006096 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
161006096 4.pdf

Download (645kB) | Preview

Abstract

Persoalan intoleransi dan tindakan radikal dengan melibatkan guru, orang tua, dan peserta didik di lingkungan sekolah sudah marak terjadi di Indonesia, tak terkecuali di Yogyakarta. Kekhawatiran muncul dari sejumlah pihak terhadap praktik intoleran dan radikal yang mengancam kebhinekaan dan melunturkan citra Yogyakarta sebagai kota budaya, kota pelajar, kota perjuangan, dan kota toleran (city of tollerance). Sudah menjadi tugas Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta beserta pemerintah kota/kabupaten di dalamnya untuk merespon fenomena sosial intoleransi dan radikalitas ini. Untuk itu, Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman berupaya untuk mencegah penyebaran bibit itu sejak dini melalui sejumlah program kerjasama sehingga suasana pendidikan inklusif tumbuh subur di berbagai lembaga pendidikan formal di kabupaten ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Proses Kerjasama dalam Pencapaian Efektivitas Program Peduli Goes to School yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Yayasan SATUNAMA Yogyakarta dan SMP Negeri 2 Gamping Sleman D.I. Yogyakarta. Teori Efektivitas dengan menggunakan 3 indikator: ketepatan sasaran, sosialisasi program dan tujuan program menjadi acuan dalam penelitian kualitatif yang menggunakan wawancara, pengamatan dan dokumentasi data sekunder dalam pengumpulan datanya. Para informan terdiri dari karyawan Yayasan SATUNAMA, wakil kepala sekolah SMPN 2 Gamping, guru SMPN 2 Gamping dan pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kerjasama yang dilakukan oleh ketiga pihak dimulai dari pembuatan KAK, pembuatan MOU, penandatanganan MOU, kontrak kerja, kerjasama dengan SMPN 2 Gamping Sleman, kesepakatan kegiatan, pelaksanaan dan pergantian kegiatan. Selain itu, Yayasan SATUNAMA melakukan sosialisasi pertama, sosialisasi lanjutan serta pemberian buku saku dan pemutaran film untuk mencapai efektifitas program. Hasil dari sosialisasi pertama dan lanjutan itu sudah bisa mencapai tujuan pertama dan kedua dalam meningkatkan pengetahuan peserta program tentang isu inklusi sosial dan keberagaman serta bisa meningkatkan kesadaran peserta program peduli tentang pentingnya hidup secara berdampingan. Sehingga kedua tujuan ini sudah efektif. Namun untuk tujuan ketiga terkait harapan akan tumbuhnya suasana sekolah, ruang kelas, ruang belajar yang terbuka, toleran dan inklusif tidak begitu sesuai dengan harapan awal dan membuat tujun ketiga ini belum begitu efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kerjasama, Efektifitas, Intoleransi, Radikalitas
Subjects: Sosiologi > Media
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 01 Mar 2023 14:17
Last Modified: 01 Mar 2023 14:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28608

Actions (login required)

View Item View Item