ASPEK HUKUM TANGGUNG JAWAB KOPERASI PETRUK DALAM PERLINDUNGAN LINGKUNGAN AKIBAT KEGIATAN PERTAMBANGAN DI SEKITAR SUNGAI GENDOL

Reynando, Raihan (2022) ASPEK HUKUM TANGGUNG JAWAB KOPERASI PETRUK DALAM PERLINDUNGAN LINGKUNGAN AKIBAT KEGIATAN PERTAMBANGAN DI SEKITAR SUNGAI GENDOL. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Raihan Reynando)
190513347 0.pdf

Download (778kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190513347-1.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text
190513347-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img]
Preview
Text
190513347-3.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Di Yogyakarta banyak ditemui adanya penambangan pasir, salah satunya penambangan pasir di wilayah lereng Gunung Merapi tepatnya di daerah sungai gendol. Koperasi Petruk adalah suatu perusahaan pertambangan yang melakukan kegiatan penambangan di sekitar Sungai Gendol. Koperasi Petruk dalam menjalankan kegiatan penambangannya tentu memiliki bentuk tanggung jawab yang akan diberikan atas kegiatan pertambangan tersebut. Penelitian ini kemudian meneliti dan menulis mengenai bagaimana tanggung jawab hukum Koperasi Petruk dalam perlindungan lingkungan hidup akibat kegiatan pertambangan di sekitaran Sungai Gendol dan apa saja kendala yang dihadapi oleh koperasi petruk dalam melaksanakan tangggung jawab tersebut serta solusi yang digunakan untuk mengatasi kendala itu. metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian hukum empiris, yaitu penelitian yang difokuskan pada fakta sosial yang ada. Dilakukan dengan melakukan wawancara dengan Responden dan juga adanya tambahan wawancara dari narasumber. Dari data yang sudah terkumpul melalui hasil wawancara yang telah dilakukan oleh penulis dengan para responden dan narasumber dapat dianalisis secara kualitatif yaitu Koperasi Petruk dalam melaksanakan penambangan pasir di Sungai Gendol sudah menjalankan Tanggung Jawab terhadap perlindungan lingkungan di sekitar Sungai Gendol dan sedikit adanya kendala. Koperasi Petruk sudah menjalankan segala bentuk pertanggungjawaban dan Corporate Social Responsibility (CSR) secara baik dan teratur. Penulis juga memberikan saran mengenai hal ini terhadap pemerintah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: penambangan pasir, Koperasi Petruk, Tanggung jawab, Kendala, Solusi
Subjects: Ilmu Hukum > Pertanahan, Pembangunan dan Lingkungan Hidup
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Editor 5 uajy
Date Deposited: 02 Mar 2023 09:28
Last Modified: 02 Mar 2023 09:28
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28613

Actions (login required)

View Item View Item