AGUSTIAN, I KOMANG DANDI (2023) Pengorganisasian Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta pada Penanganan Kasus Penundaan Klaim Polis Asuransi AJB Bumiputera 1912. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (I KOMANG DANDI AGUSTIAN)
171006350 0.pdf Download (606kB) | Preview |
|
|
Text
171006350 1.pdf Download (278kB) | Preview |
|
Text
171006350 2.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
||
Text
171006350 3.pdf Restricted to Registered users only Download (553kB) |
||
|
Text
171006350 4.pdf Download (911kB) | Preview |
Abstract
Lembaga Ombudsman DIY bergerak dalam lembaga pelayanan publik dengan memberikan fasilitas kepada masyarakat dalam melakukan aduan, baik itu sektor swasta ataupun pemerintah. Sebagai wadah pelayanan publik, LO DIY memberikan pelayanan pada masyarakat dalam bentuk penanganan dan penyelesaian pada kasus yang dialami. Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis pengorganisasian LO DIY dalam penanganan kasus penundaan klaim polis asuransi AJB Bumiputera 1912.. Penelitian dengan judul “Pengorganisasian Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta pada Penanganan Kasus Penundaan Klaim Polis Asuransi AJB Bumiputera 1912” dilatar belakangi dengan permasalahan penanganan yang melalui beberapa tahapan kerja guna mencapai penyelesaian kasus dalam bentuk rekomendasi atau LPK. LO DIY menjadi lembaga pelayanan publik yang menjembatani pananganan pada kasus penundaan klaim polis asuransi AJB Bumiputera. Studi terhadap permasalahan tersebut dengan menganalisis Proses kerja LO DIY dalam penanganan kasusnya menggunakan konsep pengorganisasian. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan pengumpulan data sekunder. Data penelitian diperoleh dari Ketua LO DIY dan Asisten penanggungjawab penanganan kasus AJB Bumiputera1912. Pada hasil temuan menunjukkan pengorganisasian LO DIY pada penanganan ksus AJB Bumiputera 1912 memiliki pembagian kerja yang terstruktur mulai pembagian pada administrasi hingga pembagian pada saat penanganan kasus. Kemudian pada proses kerja LO DIY memiliki alur kerja administrasi, konsultasi, pembuatan laporan aduan, rapat bersama, koordinasi, perumusan rekomendasi. Selanjutnya pada cara perumusan rekomendasi LO DIY bekerja sama dengan pihak internal dalam perumusannya dan didukung oleh pihak eksternal terkait.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan, Pengorganisasian, Penanganan |
Subjects: | Sosiologi > Business |
Divisions: | Fakultas ISIP > Sosiologi |
Depositing User: | Editor 6 uajy |
Date Deposited: | 02 Mar 2023 13:33 |
Last Modified: | 02 Mar 2023 13:33 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28634 |
Actions (login required)
View Item |