Peran Yayasan Globalisasi Saemaul Indonesia (YGSI) Dalam Pembangunan TPS3R Tanjungwangi Kabupaten Subang

Anayani, Ketut Tuti (2023) Peran Yayasan Globalisasi Saemaul Indonesia (YGSI) Dalam Pembangunan TPS3R Tanjungwangi Kabupaten Subang. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Ketut Tuti Anayani)
181006746 0.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181006746 1.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text
181006746 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
181006746 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
181006746 4.pdf

Download (796kB) | Preview

Abstract

Permasalahan sampah menjadi isu yang sering diperbincangkan di era kemajuan teknologi. Hal ini dikarenakan sampah membawa dampak pada isu perubahan iklim. Di Indonesia masalah penanganan sampah belum menjadi perhatian serius dari pemerintah. Masalah TPA yang mengalami overload cukup sering ditemukan di wilayah perkotaan. Salah satu upaya yang perlu dilakukan, adalah menyediakan wadah untuk mengelola sampah, salah satunya melalui TPS3R. Tempat Pengelolaan Sampah dengan model reduce, reuse dan recycle (TPS3R), bertujuan mengurangi penumpukan sampah di TPA, yang sering mengalami masalah overload. Permasalahan sampah menjadi perhatian YGSI. YGSI merupakan NGO yang menjalin kerja sama sister city dengan Pemkab Subang. Pada konteks penelitian ini, orientasi kerja sama dilihat dari upaya memberdayakan masyarakat di bidang lingkungan. Penelitian ini bertujuan membahas peran YGSI dalam pembangunan TPS3R Tanjungwangi. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu kualitatif, dengan pengumpulan data bersumber dari hasil wawancara, observasi, studi literatur dan dokumentasi. Subyek penelitian yaitu YGSI, serta mengonfirmasi beberapa pihak yang terlibat dalam program. Analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam temuan penelitian, peneliti mengelompokkannya menjadi tiga pokok temuan dan pembahasan. Pertama, mengetahui latar belakang pembangunan TPS3R Tanjungwangi, yang didasari atas: kerja sama sister city, kesamaan nilai saemaul undong dengan gotong royong, potensi dan peningkatan pendapatan masyarakat, dan penindaklanjutan usulan DLH Subang. Kedua, peranperan tersebut tampak pada adanya: pendanaan pengembangan program TPS3R, sosialisasi, pelatihan dan pendampingan. Ketiga, mengetahui cara YGSI dalam menindaklanjuti program TPS3R dengan melakukan serangkaian aktivitas meliputi: rapat jaringan, studi banding, mitra kerja sama, pembuatan pakta integritas serta pelaksanaan monitoring dan evaluasi. Masing-masing pokok pembahasan tersebut telah menjawab tiga rumusan masalah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya pemberdayaan yang dilakukan YGSI di bidang lingkungan dikatakan belum berhasil secara optimal. Hal ini disebabkan adanya indikasi perbedaan kepentingan serta kurangnya keterbukaan dan koordinasi di tataran pemerintah desa dengan pengelola TPS3R maupun masyarakat Tanjungwangi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: eran, pembangunan, TPS3R, kerja sama sister city, pendanaan, upaya pemberdayaan, sosialisasi, pelatihan, pendampingan, rapat jaringan, monitoring, evaluasi, kendala dan dampak.
Subjects: Sosiologi > Media
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 03 Mar 2023 13:10
Last Modified: 03 Mar 2023 13:10
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28663

Actions (login required)

View Item View Item