PUSAT FISIOTERAPI DI JAMBI YANG DAPAT MENIMBULKAN SUASANA LINGKUNGAN BANGUNAN DINAMIS DENGAN PENDEKATAN HEALING ENVIRONMENT

Sasongko, Ganesha Dwi (2020) PUSAT FISIOTERAPI DI JAMBI YANG DAPAT MENIMBULKAN SUASANA LINGKUNGAN BANGUNAN DINAMIS DENGAN PENDEKATAN HEALING ENVIRONMENT. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Ganesha Dwi Sasongko)
150116127_Bab 0.pdf

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150116127_Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
150116127_Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
150116127_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
150116127_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
150116127_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
150116127_Bab 6.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pusat fisioterapi adalah fasilitas kesehatan yang berperan untuk proses pemulihan dan rehabilitasi fungsi tubuh yang tidak berfungsi secara optimal karena cedera, penyakit maupun kecelakaan. Pada penulisan Landasan Konseptual Perencanaan dan Perancangan ini mahasiswa bertujuan untuk memberikan solusi terkait permasalahan yang ada di Jambi yakni menjawab tujuan dan isu strategis dari RPJMD Provinsi Jambi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan meningkatkan kesehatan masyarakat. Selain itu, untuk mempertahankan serta meningkatkan prestasi atlet Jambi dari tahun ke tahun dengan meminimalisir cedera atlet yang berkepanjangan serta menjaga performa atlet, kemudian untuk membuat terapis di Jambi persebarannya merata dan membuat Jambi mempunyai pusat fisioterapi yang berdiri sendiri. Hasil yang diperoleh yakni hubungan antara ruang luar dan ruang dalam yang bersuasana dinamis dengan pendekatan healing environment dengan menata ruang luar yang akhirnya mendapatkan banyak view serta sirkulasi linear menghasilkan energi positif untuk mempercepat proses pemulihan dan rehabilitasi begitu juga dengan ruang dalam, dengan memperhatikan mobility atau jalur serta sirkulasi ruang dalam dan faktor lain seperti indoor plant yang melingkupi ruang dalam supaya dinamis ditata secara linear dan memiliki sifat yang continue sehingga menghasilkan energi positif untuk mempercepat pemulihan dan rehabilitasi fungsi tubuh yang tidak berfungsi karena terkena penyakit, cedera hingga kecelakaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pusat fisioterapi, pemulihan, rehabilitasi, dinamis, healing environment
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 14 Apr 2023 13:38
Last Modified: 14 Apr 2023 13:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28841

Actions (login required)

View Item View Item