ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS PADA BLACK SPOT JALAN JEND. AHMAD YANI KM 1 – KM 6, KOTA BANJARMASIN, KALIMANTAN SELATAN

Simanjuntak, Parlindungan (2020) ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS PADA BLACK SPOT JALAN JEND. AHMAD YANI KM 1 – KM 6, KOTA BANJARMASIN, KALIMANTAN SELATAN. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Parlindungan Simanjuntak)
150216099_Bab 0.pdf

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150216099_Bab 1.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150216099_Bab 2.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150216099_Bab 3.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text
150216099_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
150216099_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
150216099_Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)

Abstract

Situasi arus lalu lintas yang semakin padat, dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Hal tersebut didukung dengan karakteristik ruas Jalan Jend. Ahmad Yani yang cenderung lurus sehingga masyarakat sering memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi. Untuk mengetahui titik rawan kecelakaan, dilakukan pengambilan data pada tanggal 10 sampai 15 Agustus 2020. Data Primer meliputi survey lokasi penelitian, tata guna lahan, kelengkapan jalan, kondisi fisik jalan, mencari volume kendaraan dan pengukuran waktu tempuh kendaraan saat melintasi ruas Jalan Jend. Ahmad Yani Km 1 – Km 6, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Data Sekunder berupa data kecelakaan lalu lintas yang diperoleh dari POLRESTA Banjarmasin. Data yang telah didapat, akan diolah dan dihitung menggunakan Metode Angka Ekivalen Kecelakaan (AEK), Upper Control Limit (UCL) dan Batas Kontrol Atas (BKA). Berdasarkan data dan analisis yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa lokasi Black Spot terdapat pada STA 4+500 dengan 10 kejadian. Penyebab yang paling dominan menyebabkan kecelakaan lalu lintas pada ruas Jalan Jend. Ahmad Yani, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan yaitu : kurang berhati-hatinya manusia itu sendiri, mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi, lelah, menyalip dan terpengaruh oleh minuman keras. Adapun faktor-faktor pendukung seperti adanya jalan yang berlubang akibat saluran air PDAM dan keadaan pohon besar yang dahannya rindang tidak dirapikan yang sewaktu-waktu bisa saja tumbang menimpa masyarakat pada saat berkendaraan. Menurut pengamatan yang ada di lapangan tepatnya di ruas Jalan STA 4+500 secara umum fasilitas jalan sudah cukup lengkap, namun perlu adanya pembenahan yaitu pengecatan ulang pada marka penyebrangan yang sudah tidak terlihat lagi atau buram dan perbaikan pada rambu dilarang stop, rambu dilarang parkir, dan rambu untuk pejalan kaki yang sudah patah dan bengkok.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Angka ekivalen kecelakaan (AEK), upper control limit (UCL), batas kontrol atas (BKA), black spot, kecelakaan
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 18 Apr 2023 14:05
Last Modified: 18 Apr 2023 14:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28855

Actions (login required)

View Item View Item