PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, KEAIRAN, TRANSPORTASI DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI (STUDI KASUS : RANCANGAN ANGGARAN BIAYA SDN MOJO KIDUL SURABAYA DENGAN HARGA SATUAN DENPASAR)

Setiawan, Deny (2021) PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, KEAIRAN, TRANSPORTASI DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI (STUDI KASUS : RANCANGAN ANGGARAN BIAYA SDN MOJO KIDUL SURABAYA DENGAN HARGA SATUAN DENPASAR). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Deny Setiawan)
150216101 0.pdf

Download (894kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150216101-1.pdf

Download (129kB) | Preview
[img] Text
150216101-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
150216101-3.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

Pada masa pelaksanaan proyek konstruksi sering terjadi ketidaksesuaian antara jadwal rencana dan realisasi di lapangan yang dapat mengakibatkan pertambahan waktu pelaksanaan dan pembengkakan biaya pelaksanaaan sehingga penyelesaian proyek menjadi terhambat. Penyebab keterlambatan yang sering terjadi adalah akibat pengaruh faktor cuaca, kurang memadainya kebutuhan pekerja, material ataupun peralatan, kesalahan perencana atau spesifikasi. Dengan adanya rancangan anggaran biaya yang terencana maka ketepatan waktu dalam pengerjaan akan lebih mudah tercapai. Metode yang digunakan adalah bagaimana merencanakan rancangan anggaran biaya gedung sekolah dengan membandingkan harga satuan dengan kota yang lain. Tujuannya dari metode ini adalah untuk mengetahui berapa selisih harga satuan kota surabaya dan kota denpasar sehingga dalam perencanaannya sesuai dengan harga di kota yang di inginkan. Perhitungan dimulai dengan mencari harga satuan kota denpasar kemudian di hitung selisih antar bahan dan tukang dalam pengerjaan pekeerjaan gedung sekolah. Dari hasil perhitungan data yang telah di jabarkan, dapat diketahui perkiraan kebutuhan biaya untuk membangun 1 unit sekolah dasar dengan menggunakan harga satuan dari Provinsi Bali, Kota Denpasar, dan Provinsi Jawa Timur, Kota Surabaya. Rekapitulasi harga satuan biaya untuk Kota Denpasar adalah sebesar Rp13,090,225,000 , sedangkan rekapitulasi harga satuan biaya dari Provinsi Surabaya adalah sebesar Rp12,083,599,000 biaya tersebut sudah termaksuk keuntungan perusahaan dan pajak sebesar 10%. Jika dilihat dari hasil rekapitulasi dengan pembangunan sekolah dasar dengan luas bangunan sebesar +/- 3.018 m2 harga bangunan di Kota Denpasar lebih mahal dibandingkan dengan harga bangunan di Surabaya dengan selisih sebesar Rp 1,006,626. Selisih ini terjadi dikarenakan perbedaan harga bahan dan upah pekerja.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: rancangan anggaran biaya, analisis harga satuan, rekapitulasi
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 5 uajy
Date Deposited: 26 Apr 2023 17:07
Last Modified: 26 Apr 2023 17:07
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28858

Actions (login required)

View Item View Item