PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, KEAIRAN, TRANSPORTASI DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI (Studi kasus : Analisa Waktu Tundaan Simpang 4 Stadion Mandalakrida)

Nainggolan, Yehezkiel Eko Putra (2021) PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, KEAIRAN, TRANSPORTASI DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI (Studi kasus : Analisa Waktu Tundaan Simpang 4 Stadion Mandalakrida). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Yehezkiel Eko Putra Nainggolan)
150216178 0.pdf

Download (822kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150216178-1.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text
150216178-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB)
[img] Text
150216178-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembangunan Infrastruktur sangatlah penting dalam menopang kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat Indonesia. Untuk dapat membangun infrastruktur yang memenuhi standar maka harus ada perencanaan dan perancangan serta perhitungan yang tepat, sehingga kualitas bangunan dapat maksimal. Hal inilah yang membuat Pembangunan Infrastruktur berkembang seiring dengan teknologi yang semakin maju yang menuntut akan inovasi-inovasi baru. Dari perancangan bangunan gedung, perancangan jalan, perancangan bangunan air sampai perencanaan biaya dan waktu memiliki metode dan juga cara dalam perancangannya. Dari hasil perancangan bangunan gedung didapatkan spesifikasi perencanaan bangunan dari atap hingga pondasi. Seperti profil yang dipakai pada gording, kuda-kuda, jenis sambungan, penulangan balok hingga kolom. Pada praktik perancangan jalan dilakukan dengan cara melakukan pengamatan untuk dapat menentukan kapasitas ruas jalan dan juga waktu tundaan pada lokasi pengamatan. Pada praktik perancangan bangunan air didapatkan hasil untuk Bendung Tirtorejo adalah tipe bendung tetap (badan bendung dari beton), tipe puncak bendung bulat, tipe kolam olak USBR tipe III, jumlah pintu pembilas 2 buah dengan jumlah pilar 2 buah dan perencanaan bendung aman terhadap geser, guling, angkat, rembesan dan gempa. Dari hasil perencanaan estimasi biaya dan waktu, biaya yang dibutuhkan untuk membangun proyek Pembangunan Rumah Tinggal di daerah kelapa gading di kota Jakarta lebih besar dibanding dengan menggunakan rencana pembangunan untuk di kota Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perancangan Bangunan, Struktur, Jalan, Bendung, Penjadwalan
Subjects: Sipil > Struktur
Sipil > Struktur
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 5 uajy
Date Deposited: 26 Apr 2023 18:44
Last Modified: 26 Apr 2023 18:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28861

Actions (login required)

View Item View Item