LAPORAN TUGAS AKHIR PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTURAL, TRANSPORT, KEAIRAN DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI ( ANALISA PENGARUH HAMBATAN TERHADAP KECEPATAN KENDARAAN JALAN KUSUMANEGARA )

Jarfi, Danny Christon Sochfat (2021) LAPORAN TUGAS AKHIR PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTURAL, TRANSPORT, KEAIRAN DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI ( ANALISA PENGARUH HAMBATAN TERHADAP KECEPATAN KENDARAAN JALAN KUSUMANEGARA ). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Danny Christon Sochfat Jarfi)
150216180 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
150216180-1.pdf

Download (452kB) | Preview
[img] Text
150216180-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB)
[img]
Preview
Text
150216180-3.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan infrastruktur saat ini sangat lah pesat dan penting dalam menopang kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat Indonesia. Dalam membangun infrastruktur yang sesuai dengan stanfdar harus ada perencanaan dan perancangan serta perhitungan yang tepat, sehingga mendapatkan hasil bangunan yang baik. Laporan Tugas Akhir ini memuat rangkuman dari 4 praktik yang telah di tempuh sebelumnya. Keempat praktik itu adalah Praktik Perancangan Bangunan Gedung, Praktik Perancangan Jalan, Praktik Perancangan Bangunan Air, Praktik Perancangan Biaya dan Waktu. Dan yang menjadi fokus penulis adalah Praktik Perancangan Jalan. Pada Praktik Perancangan Bangunan Gedung, penulis melakukan perancangan bangunan 3 lantai di kota solok, Sumatra Barat. Dalam melakukan perancangan bangunan gedung, metode yang di pakai adalah dengan menetukan data structural bangunan yang nantinya di pakai untuk perhitungan guna mendapatkan hasil spesifikasi perencanaan dari atap hingga pondasi. Yang mana mengacu pada peraturan-peraturan pembebanan Standar Nasional Indonesia. Pada Praktik Perancangan Jalan, Penulis melakukan survei dan analis data terkait transportasi di beberapa tempat di Yogyakarta. Metode yang di pakai adalah pengamatan secara langsung atau observasi. Pada Praktik Perancangan Banguna Air, penulis melakukan perencanaan struktur bending. Metode yang di gunakan adalah Metode Poligon Thiessen. Uji sebaran Data yang mana meliputi Uji Chi Kuadrat dan Uji Smirnov-Kolmogrov, Distribusi Log Person III dan Metode Weduwen. Pada Praktik Perencanaan Biaya dan Waktu , penulis merencanakan estimasi biaya dan waktu dari proyek pembangunan Rumah Tinggal Sleman. Penulis di minta merencanakan ulang proyek Pembangunan Rumah Tinggal Sleman di Papua. Dari hasil perancangan bangunan gedung di dapatkan spesifikasi perencanaan bangunan dari atap hingga pondasi. Seperti Profil yang pada gording, kuda-kuda, jenis sambungan, penulangan balok kolom hingga pondasi. Hasil dari survey dan analisis praktik perancangan jalan berupa pengamatan ruas jalan, analis kecepatan, volume, dan kepadatan arus serta analis simpang tak bersinyal. Pada praktik perencanaan bangunan air di dapatkan hasil untuk Bendung Tirtorejo adalah tipe bendung tetap (badan bendung dari beton), tipe puncak bendung bulat, tipe kolam olak USBR tipe III, jumlah pintu pembilas 2 buah dengan jumlah pilar 2 buah dan perencanaan bendung aman terhadap geser, guling, angkat, rembesan dan genpa. Dari hasil praktik perencanaan biaya dan waktu, biaya yang di butuhkan untuk membangun proyek Pembangunan Rumah Tinggal Sleman di Papua lebih besar di banding dengan pembangunan di Sleman. Jumlah perbandingan biaya sebesar Rp 2.035.341.000,00 atau terbilang dua milyar tiga puluh lima juta tiga ratus empat puluh satu juta rupiah. Perbedaan harga yang cukup jauh di pengaruhi oleh harga bahan dan upah pekerja yang sangat tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perancangan Bangunan, Struktur, Jalan, Bendung, Penjadwalan
Subjects: Sipil > Struktur
Sipil > Struktur
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 5 uajy
Date Deposited: 26 Apr 2023 19:44
Last Modified: 26 Apr 2023 19:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28862

Actions (login required)

View Item View Item