LAPORAN TUGAS AKHIR PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, KEAIRAN, TRANSPORTASI, DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI (Studi Kasus : Pengamatan Pelayanan Jalan Pada Ruas Jalan Affandi Gejayan)

Paskal, Anggiat Darma (2021) LAPORAN TUGAS AKHIR PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, KEAIRAN, TRANSPORTASI, DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI (Studi Kasus : Pengamatan Pelayanan Jalan Pada Ruas Jalan Affandi Gejayan). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Anggiat Darma Paskal)
150216255 0.pdf

Download (766kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150216255-1.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text
150216255-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (972kB)
[img] Text
150216255-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (998kB)
[img] Text
150216255-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB)
[img] Text
150216255-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img]
Preview
Text
150216255-6.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada Laporan Tugas Akhir Perancangan Infrastruktur ini berisi tentang hasil pembelajaran yang dilakukan pada beberapa peminatan bidang Teknik Sipil diantaranya Struktur, Keairan, Jalan, dan Manajemen Biaya dan Waktu. Pada peminatan Struktur, merancangan bangunan 3 lantai mulai dari atap, rencana beban kuda-kuda, tangga, pelat lantai, balok, kolom, dan pondasi telapak. Selanjutnya pada peminatan Perancangan Jalan, menghitung volume, kecepatan kendaraan yang melintas, mengetahui tipe kelas, hambatan pada ruas jalan, dan geometri Jalan Gejayan tepatnya Utara Pasar Demangan. Pada Perancangan Bangunan Air, meninjau Bendung Kadirojo yang berada di Sambisari, Sleman. Menentukan DAS kuning, serta menghitung jumlah curah hujan maksimum, selanjutnya adalah merancangkan kembali bendung yang ada. Pada Perancangan Biaya dan Waktu, mengestimasi biaya yang diperlukan untuk pembangunan proyek dengan objek bangunan Guest House yang berada di Sleman, Yogyakarta. Pada Tugas Akhir Perancangan Infrastruktur ini menggunakan beberapa metode perancangan yang berdasarkan pada masing-masing topik perancangan. Pada perancangan bangunan gedung 3 lantai menggunakan pembebanan sesuai kombinasi dari SNI 1727-2013, analisis gempa sesuai SNI 1726-2012, perancangan elemen struktur menggunakan SNI 2847-2013. Pemodelan pada perancangan ini menggunakan bantuan software SAP2000 dan ETABS. Praktik Perancangan Jalan menggunakan metode berdasarkan UU no.8 tahun 2004 tentang jalan raya. Selanjutnya Praktik Perancangan Bangunan Air memiliki beberapa tahapan dan metode sekaligus guna memudahkan pengerjaanya. Mulai dari pengumpulan data kemudian analisis frekuensi lalu desain bendung dan terakhir analisis stabilitas. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi literasi, pengajuan permohonan data kepada BMKG setempat serta refrensi dari dosen pengampu. Desain bendung mengacu pada Standar Perencanaan Irigasi KP01 - KP04. Praktik Perancangan Biaya dan Waktu menggunakan software excel sebagai aplikasi perencanaan. Hasil dari perancangan infrastruktur terdiri dari masing masing praktik perancangan. Untuk Praktik Perancangan Bangunan Gedung yaitu berupa estimasi dimensi pondasi telapak, balok, kolom, tangga, pelat lantai dan atap. Selain itu didapat juga kebutuhan penulangan pada struktur yang direncanakan sehingga diketahui keamanan suatu bangunan yang dirancang. Lalu, pada Praktik Perancangan Jalan didapatkan hasil berupa data volume kendaraan sampai dengan hambatan samping pada suatu ruas jalan. Selanjutnya, pada Praktik Perencangan Bangunan Air mendapatkan hasil berupa tipe bendung dan kolam olak. Dan terakhir Praktik Perencanaan Biaya dan Waktu didapatkan hasil berupa RAB (Rancangan Anggaran Biaya) pada suatu proyek pembangunan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: peracangan gedung, perancangan jalan raya, perancangan bendung, perancangan biaya dan waktu
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 5 uajy
Date Deposited: 03 May 2023 18:06
Last Modified: 03 May 2023 18:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28884

Actions (login required)

View Item View Item