Ellyawati, Jeanne and Piwi, Agnes Pepethinganing (2022) Anteseden Niat Beli Ulang Belanja Online: Uji E-kepuasan Sebagai Mediasi. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 23 (1). pp. 109-129. ISSN 1693-7619
|
Text (Jeanne Ellyawati dan Agnes Pepethinganing Piwi)
Piwi-Ellywati.pdf Download (933kB) | Preview |
Abstract
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi pengaruh keamanan, kepercayaan, kemudahaan penggunaan, dan masalah privasi pada niat beli ulang serta peran e-kepuasan sebagai pemediasi. Metode – Kuesioner terstruktur didistribusikan secara online. Desain penelitian menggunakan cross-sectional survey, sedangkan metode penyampelan menggunakan purposive dan snowball sampling. Data dikumpulkan dan diolah menggunakan SmartPLS. Hasil – Hasil studi menunjukkan bahwa keamanan, kepercayaan, kemudahaan penggunaan, dan masalah privasi memprediksi secara positif pada e-kepuasan dan niat-beli-ulang. E-kepuasan memediasi secara parsial pengaruh antara ke-empat variabel anteseden pada niat-beli-ulang. Originalitas/Novelty – Studi ini berfokus pada konsep pengalaman belanja online konsumen yang diukur dari keamanan, kepercayaan, kemudahaan penggunaan, dan masalah privasi untuk memprediksi e-kepuasan dan niat beli ulang. Setting penelitian dilakukan pada tiga marketplace terbesar di Indonesia (Shopee, Tokopedia dan Bukalapak) dengan subyek penelitian yang heterogen. Hasil studi menunjukkan kemudahan penggunaan terverifikasi merupakan prediktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap e-kepuasan dan niat beli ulang. Implikasi – Disarankan perusahaan harus selalu menyediakan aplikasi belanja online yang mudah dipahami, diakses dan dioperasikan oleh konsumen. Keamanan dalam bertransaksi menjadi sangat penting agar privasi konsumen terjaga dan dapat menguatkan kepercayaan konsumen. Semua usaha tersebut difokuskan untuk memuaskan konsumen terlebih dahulu karena konsumen yang mengalami e-kepuasan akan lebih berniat melakukan pembelian ulang pada marketplace yang sama.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keamanan, Kepercayaan, Kemudahaan Penggunaan, Masalah Privasi, E-kepuasan, Niat Beli Ulang |
Subjects: | Manajemen > Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 03 May 2023 18:40 |
Last Modified: | 03 May 2023 18:40 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28886 |
Actions (login required)
View Item |